Sukses

Jelang Puncak Ditutup, Macet Beralih ke Jalur Alternatif Jonggol

Kepadatan luar biasa ini terjadi akibat volume kendaraan terus meningkat karena kendaraan dari arah Jakarta dan Bekasi melewati jalur itu.

Liputan6.com, Bogor - Adanya penutupan jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat pada pukul 18.00 WIB (31/12/2017), membuat pengendara beralih ke jalur alternatif Jonggol.

Akibatnya, jalan yang menghubungkan Puncak-Cianjur-Bandung ini mengalami kemacetan parah Kemacetan terjadi di jalur transyogi seperti di Kecamatan Gunungputri dan Cileungsi yang mengarah Jonggol-Cianjur. Kemacetan ini juga terjadi dari arah sebaliknya.

Kepadatan luar biasa ini terjadi akibat volume kendaraan terus meningkat karena kendaraan dari arah Jakarta dan Bekasi dan daerah lainnya melewati jalur alternatif tersebut.

"Untuk bisa melewati Cileungsi saja butuh waktu 1,5 jam," kata Rahmat, asal Jakarta Timur, Minggu (31/12/2017).

Rahmat mengaku hendak mengisi libur akhir tahun bersama istri dan ketiga anaknya di kawasan Cipanas, Cianjur. Biasanya, untuk menuju Cianjur ia kerap melintasi jalur Puncak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Kemacetan

"Mau lewat Puncak takut macet. Kan biasanya kalau mau penutupan jalur Puncak suka macet, makanya saya pilih lewat Jonggol," kata dia.

Arifin Siregar, warga Palmerah, Jakarta Barat mengaku sengaja melewati jalur alternatif Jonggol untuk menghindari kemacetan. "Tapi di Cileungsi juga macet," ucap Arifin.

Hingga sore ini, ruas jalan Transyogi masih padat, terutama di setiap persimpangan jalan. Laju kendaraan tersendat akibat meningkatnya volume kendaraan ditambah angkutan umum yang berhenti sembarangan.

Sementara itu, detik-detik akan ditutupnya jalur Puncak, arus lalu lintas di jalur tersebut terpantau lancar dari kedua arah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.