Sukses

Malam Tahun Baru ke Ancol? Cek Rute Masuk dan Pengalihan Lalinnya

Polisi menerjunkan sejumlah personelnya untuk mengamankan pesta malam Tahun Baru 2018 di Ancol serta menerapkan rekayasa lalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta - Taman Impian Jaya Ancol selalu menjadi magnet bagi masyarakat Ibu Kota untuk merayakan malam pergantian tahun. Tak heran Ancol selalu dibanjiri ratusan ribu pengunjung setiap malam tahun baru.

Rencananya, Ancol akan menyajikan pertunjukan kembang api yang luar biasa untuk menyambut Tahun Baru 2018. Akan ada lebih dari 23 ribu letupan kembang api berwarna-warni yang menghiasi langit pantai utara Jakarta.

Polisi telah menerjunkan sejumlah personelnya untuk mengamankan pesta malam Tahun Baru 2018 di Ancol. Selain itu, polisi juga menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) di sekitar lokasi.

Berikut rute menuju Ancol jelang perayaan malam Tahun Baru 2018:

1. Jalur Barat (dari arah Penjaringan melintas Jalan Lodan Raya);- Arus lalu lintas yang datang dari Penjaringan melintas di Jalan Lodan Raya diarahkan masuk ke Pintu Marina melalui Jalan Parangtritis-Jalan Karang Bolong-Jalan Pelabuhan Ratu masuk melalui pintu Marina.

- Apabila pintu Marina padat, maka diarahkan masuk melalui gerbang utama Ancol Barat.

- Apabila di depan gerbang utama Ancol Barat terjadi kepadatan maka arus lalu lintas diarahkan melalui Jembatan Goyang dan masuk melalui gerbang utama Ancol Timur

- Apabila gerbang utama Ancol Timur padat, maka pengunjung Ancol diarahkan masuk melalui Pintu Carnaval

2. Jalur Selatan (dari arah Jalan Gunung Sahari Raya);- Pengunjung yang datang dari Jalan Gunung Sahari Raya diarahkan melalui gerbang utama Ancol Barat

- Apabila terjadi kepadatan sekitar lampu merah Bintang Mas maka arus lalu lintas yang datang dari Jalan Gunung Sahari Raya dialihkan ke Jalan Mangga Dua Raya.

- Apabila arus lalu lintas yang mengarah lampu merah Bintang Mas masih terjadi kepadatan, maka dibelokkan ke kanan menuju ke Jembatan Gantung dan masuk melalui gerbang utama Ancol Timur maupun pintu masuk Carnaval.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ancol Timur

3. Jalur Tengah (dari arah Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran);- Pengunjung yang datang dari arah Jalan Benyamin Sueb diarahkan masuk gerbang utama Ancol timur melalui lampu merah Pasir Putih-Pertigaan depan Hydros-Bunderan Hydros-gerbang utama Ancol Timur.

- Apabila terjadi kepadatan di gerbang utama Ancol Timur maka lalu lintas di lampu merah Pasir Putih dialihkan ke Pintu Carnaval

4. Jalur Timur (dari arah Jalan RE Martadinata dan out ramp Ancol Timur);- Pengunjung yang akan masuk Ancol dari arah Tanjung Priok (Jalan RE Martadinata) dapat melalui Jembatan PLTU, lanjut mengarah ke Pintu Carnaval atau diluruskan melintas di Jalan RE Martadinata-Jembatan Goyang masuk melalui gerbang utama Ancol Timur.

- Pengunjung yang datang dari Jalan Baru Ancol diarahkan melintas Jembatan Goyang masuk melalui gerbang utama Ancol Timur, apabila terjadi kepadatan maka dialihkan masuk melalui pintu masuk Carnaval.

- Pengunjung yang datang dari out ramp Ancol Timur diarahkan melintas Jembatan Goyang masuk melalui gerbang utama Ancol Timur, apabila terjadi kepadatan dialihkan ke Pintu Masuk Carnaval.

3 dari 3 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Jika Ancol tidak dapat menampung kendaraan lagi, maka polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi, sebagai berikut:

1. Kendaraan yang datang dari turunan Tol Ancol Barat diputarbalikkan di SPBU Bintang Mas, selanjutnya mengarah Penjaringan-masuk ke Tol Ancol Barat atau melintas di Jalan Kampung Bandan mengarah ke Tamansari, Jakarta Barat.

2. Kendaraan yang datang dari Jalan Gunung Sahari diputarbalikkan melalui Dorbrak Jimbaran, kembali ke arah Jakarta Pusat.

Apabila terdapat kendaraan yang lolos, maka dibelokkan ke kiri di lampu merah Mangga Dua memasuki Jalan Mangga Dua Raya lalu masuk ke Jakarta Pusat.

Apabila kendaraan lolos dari lampu merah Mangga dua diarahkan belok kiri ke arah Tol Ancol Barat atau belok kanan mengarah Jembatan Goyang.

3. Kendaraan yang datang dari Jalan Benyamin Sueb diluruskan melalui perempatan lampu merah Pasir Putih, lurus ke arah timur atau Tanjung Priok.

4. Kendaraan yang datang dari arah Tanjung Priok dibelokkan ke kiri ke Jalan Baru Ancol menuju Sunter.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.