Sukses

Perayaan Tahun Baru, Transjakarta Tetap Beroperasi 24 Jam

PT Transjakarta juga akan menambah jumlah armada saat perayaan malam tahun baru karena kemungkinan besar jumlah penumpang akan meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memperkirakan jumlah penumpang pada malam pergantian tahun, bertambah. Oleh karena itu, PT Transjakarta akan menambah jumlah armada saat perayaan malam tahun baru.

"Pasti (ada penambahan) karena akses (jalan) hanya (dilalui) Transjakarta. Kendaraan pribadi kan dilarang," kata Kepala Humas PT Transjakarta, Wibowo, saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Sabtu 30 Desember 2017.

Menurut dia, penambahan jumlah armada ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing koridor. "Setiap koridor berbeda-beda sebagai antisipasi (peningkatan jumlah penumpang). Dalam pelaksanaannya juga akan dilakukan penyesuaian," Wibowo menjelaskan.

Dia pun mengatakan masyarakat yang merayakan pergantian tahun di sekitar Bundara HI, Monas, Ancol, atau daerah lain, tidak perlu khawatir. Sebab, Transjakarta beroperasi selama 24 jam.

''Seluruh layanan beroperasi. Koridor 1-12 beroperasi 24 jam. (Kecuali) operasional Koridor 13 sesuai dengan umumnya, berakhir pukul 20.00 WIB,'' Wibowo menjelaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rute Khusus

PT Transjakarta membuka rute khusus pada malam tahun baru nanti, yakni rute Harmoni-Ancol. Rute khusus itu beroperasi mulai Minggu, 31 Desember 2017 pukul 17.00 WIB hingga Senin, 1 Januari 2018 pukul 05.00 WIB.

"Transjakarta membuka rute khusus malam tahun baru, yakni Harmoni-Ancol karena Ancol juga menjadi pusat keramaian pada malam tahun baru," ujar Wibowo.

3 dari 3 halaman

Car Free Night

Perayaan malam tahun baru 2018 di Jakarta akan diisi beragam acara. Tak ketinggalan pula adalah car free night yang akan diadakan pada Minggu malam, 31 Desember 2017.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan, selama perayaan malam tahun baru, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan penutupan jalan dan pengalihan lalu lintas yang akan berlangsung pada Minggu, 31 Desember 2017 pukul 19.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB.

Lokasi penutupan di Taman Monumen Nasional (Monas) dan sepanjang jalan mulai Jalan Medan Merdeka Barat (Patung Kuda), Jalan MH Thamrin (Bundaran HI) hingga Jalan Jenderal Sudirman sampai dengan Dukuh Atas.

"Akan dilakukan penutupan jalan selama acara berlangsung secara bertahap mulai 31 Desember 2017 pukul 17.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2018 pukul 01.00 WIB dengan memperhatikan situasi di lapangan," ujar Sigit dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/12/2017).

Dia mengatakan, penutupan dimaksud untuk mengondisikan sekaligus mensterilkan lokasi acara malam pergantian Tahun Baru 2018 dari kendaraan bermotor untuk selanjutnya dilakukan persiapan acara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta