Sukses

Puncak Ditutup, Polisi Siapkan Bus Wisatawan Malam Tahun Baru

Polisi akan menutup jalur menuju Puncak, Bogor saat malam tahun baru 2018, Minggu (31/12/2017).

Liputan6.com, Jakarta - Polisi akan menutup jalur menuju Puncak, Bogor saat malam tahun baru 2018, Minggu (31/12/2017). Meski begitu, Kepolisian Resor Bogor memberikan fasilitas berupa shuttle bus gratis untuk mengantar wisatawan yang terlambat menuju kawasan Puncak. 

Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky megatakan, bus ini akan mengantar khusus wisatawan yang ikut paket wisata di Puncak namun datang melebihi waktu penutupan jalur Puncak mulai pukul 18.00 WIB.

"Wisatawan ini nantinya akan diantarkan hingga ke titik lokasi yang dituju," kata Dicky.

Dicky menyebutkan, ada empat bus yang disediakan secara gratis. Shuttle bus tersebut ditempatkan di halaman parkir Masjid Harakatul Jannah atau di depan Pos Gadog.

"Nanti wisatawan tinggal melapor ke petugas kami," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Ambulans

Selain bus, kepolisian juga menyediakan kendaraan ambulans untuk warga di kawasan Puncak yang mengalami sakit maupun hendak melahirkan saat malam tahun baru.

"Mulai siang bus sudah ada di shuttle. Kalau ambulans sudah ditempatkan di Pos Gadog dari sebelum libur natal," kata dia.

Dia berharap, bus dan ambulans ini bisa membantu, baik masyarakat maupun wisatawan yang terkena dampak penutupan jalur Puncak selama 12 jam mulai pukul 18.00 WIB, Minggu hingga pukul 06.00 WIB, Senin 1 Januari 2018.

3 dari 3 halaman

Penutupan Jalur Puncak

Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat akan ditutup selama 12 jam selama pergantian tahun baru. Penutupan jalur mulai pukul 18.00 WIB, 31 Desember 2017 hingga pukul 06.00 WIB, 1 Januari 2018.

Kepolisian Resor Bogor mempersiapkan skenario pengalihan arus selama jalan ditutup. Selama penutupan jalan, kendaraan roda empat dari arah Jakarta menuju Puncak dialihkan ke jalur Sukabumi dan alternatif Jonggol-Cianjur.

Satlantas Polres Bogor juga akan memberlakukan sistem satu arah atau oneway di jalur tersebut. Buka tutup jalur mulai diberlakukan 31 Desember 2017 pagi atau menjelang malam pergantian tahun.

Berikut ini pengalihan arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. (Polres Bogor)

 

Berikut ini pengalihan arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. (Polres Bogor)

Menurut dia, kendaraan roda empat dari arah Cianjur maupun Jakarta menuju ke Puncak akan ditutup selama 12 jam karena akan ada car free night di kawasan tersebut.

Berikut ini pengalihan arus lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. (Polres Bogor)

Penutupan jalur ini mulai dilakukan Simpang Sirait hingga Puncak Pass. Namun rekayasa lalu lintas ini tidak berlaku untuk kendaraan roda dua.

"Dengan pemberitahuan ini, kiranya masyarakat yang akan melintas dapat mengantisipasi," ujar Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasbi Ristama, Jumat (29/12/2017).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.