Sukses

Anies Tidak Tolerir Satpol PP yang Lakukan Penyimpangan di Lapangan

Dengan rotasi ini diharapkan muncul pembaruan dan penyegaran, sehingga dapat meningkatkan kompetensi personel di lapangan.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin apel besar rotasi Satpol PP di Silang Monas, Jakarta, pada Jumat kemarin. Menurut Anies, sebanyak 3.600 personel Satpol PP Pemprov DKI Jakarta yang rata-rata sudah bekerja selama delapan tahun dirotasi.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Sabtu (30/12/2017), Dengan rotasi ini diharapkan muncul pembaruan dan penyegaran, sehingga dapat meningkatkan kompetensi personel di lapangan.

Anies pun meminta masyarakat untuk tidak segan melaporkan petugas Satpol PP yang melakukan penyimpangan, seperti melakukan pungli. Anies juga meminta Satpol PP agar mengutamakan pendekatan humanis dan bersahabat dengan masyarakat.

"Kita akan zero tolerance pada penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan pada aparat di lapangan. Jadi, silakan laporkan. Bila ada penyimpangan laporkan, bila ada masalah laporkan," kata Anies.

Di sisi lain saya sampaikan kepada mereka semua, numpung ini tempat baru, jalankan dengan kebaruan, jalankan berbeda dengan sebelumnya. Mudah-mudahan jadi awal yang baru," terang Anies.

Sebelum rotasi ini dilakukan, hasil investigasi Ombudsman RI menemukan adanya penyalahgunaan wewenang pungutan liar hingga pembiaran yang dilakukan Oknum Satpol PP terhadap PKL di sejumlah wilayah di Ibu Kota.