Sukses

Hendropriyono Beberkan Kemungkinan Nama Cawapres 2019

Hendropriyono tak menampik jika sosok Wapres 2019 harus mirip Jusuf Kalla, tapi versi mudanya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) AM Hendropriyono telah mengungkapkan kriteria-kriteria yang akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI di 2019-2024.

Meski tak secara gamblang perihal siapa sosok yang dimaksudkan, dia menyebutkan beberapa nama yang pantas menjadi wapres. Untuk presidennya, PKPI sudah mendeklarasi kepada sosok Joko Widodo atau Jokowi.

Hal ini disampaikannya dalam acara syukuran PKPI yang juga memaparkan Perkembangan Keadaan Strategis serta Kemungkinan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 di Gedung Wijayakusuma, Cipayung, Jakarta.

"Kalau PKPI kan mendukung sebagai presiden. Dan wakilnya bukan cuma satu. Kan, banyak itu, misalnya, Chairul Tandjung, Sri Mulyani, kemudian Tuan Guru Bajang (TGB). Bisa saja. Tapi apakah dia orang berwawasan ekonomi bisnis, biar rakyat yang menilai," ucap Hendropriyono di lokasi, Jumat (29/12/2017).

Dia mengatakan, PKPI berharap presiden pada 2019 tetap Joko Widodo dan wakilnya adalah orang yang sudah menunjukkan kesuksesan di bidang tersebut.

Hendropriyono tak menampik jika sosok wapres 2019 harus mirip Jusuf Kalla, tapi versi mudanya.

"Ya, piawainya mirip-mirip Pak Jusuf Kalla. Syukur lebih, tapi yang muda. Jangan yang tua," tegas AM Hendropriyono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kriteria Presiden dan Wapres 2019

Pada Pilpres 2019, Indonesia diprediksi punya presiden dan wakil presiden yang memahami masalah ekonomi dan bisnis. Selain itu, keduanya juga berjiwa nasionalis dan mempunyai keimanan yang kuat.

Demikian disampaikan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Abdullah Mahmud Hendropriyono dalam paparannya di Gedung Wijayakusuma, Cipayung, Jakarta Timur.

"Kita akan punya sepasang presiden dan wapres yang beraliran Nasaeb, nasionalis, agama, ekonomi dan bisnis," ujar AM Hendropriyono, Jumat (29/12/2017).

Namun, ucap dia, prediksi itu akan mentah jika dalam pelaksanaan Pilpres 2019 terjadi hal-hal yang di luar dugaan. Misalnya, terjadi kekerasan di masyarakat yang membuat pelaksanaan Pilpres 2019 jadi tak kondusif.

"Jika terjadi demokrasi jalanan atau kudeta militer, maka perkiraan tadi gugur atau batal dengan sendirinya," ucap mantan Kepala Badan Intelijen Negara itu.

3 dari 3 halaman

PKPI Siap Songsong Pilkada

Pendiri Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang juga Wakil Presiden ke-6 RI, Try Sutrisno, berharap partainya bisa menyosong tahun politik dengan hasil yang gemilang.

Hal ini disampaikannya dalam acara Syukuran PKPI. Dia juga memaparkan perkembangan keadaan strategis serta kemungkinan usulan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 oleh Ketum PKPI AM Hendropriyono di Gedung Wijayakusuma, Cipayung, Jakarta.

"PKPI harus siap menyongsong tahun 2018 dan 2019 dengan hasil yang gemilang. PKPI maju, menang, kokoh dan kuat," ucap Try di lokasi, Jumat (29/12/2017).

Dia pun bersyukur, partainya bisa lolos administrasi dan verifikasi pemilu 2019 oleh KPU. Karenanya itu, dia meminta agar jajaran PKPI menyiapkan hal selanjutnya, yaitu kepengurusan di daerah.

"Semoga ini prosesnya diluluskan. Sehingga hasilnya Insyaallah 2018, PKPI dizinkan sebagai peserta pemilu," harap Try.

Menurut dia, dengan segala persiapan yang matang, PKPI akan mantap melangkah untuk menghadapi Pilkada dan Pilpres 2019. Pada dua momen politik itu, ia yakin PKPI akan meraih kemenangan.

"Sekarang bagaimana langkah terakhir cermat dan bijaksana, menentukan kebijakan dan strategis untuk menghadapi masa depan itu, yaitu tahun 2018, harus siap mengikuti tahun 2019. PKPI Insya Allah mengikuti pilkada, pileg dan pilpres dengan gemilang dan berhasil," terang Try.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.