Sukses

Malam Tahun Baruan di Puncak? Cek Jadwal Buka Tutupnya

Polri memprediksi jalur Puncak sangat padat pada pergantian tahun ini. Terlebih ada Car Free Night pada malam itu. Cek jadwal buka tutupnya.

Liputan6.com, Jakarta - Polri memprediksi jalur Puncak akan sangat padat pada pergantian tahun ini. Terlebih ada acara car free night pada malam tahun baru. Polisi pun memberlakukan buka tutup jalur mulai pukul 18.00 WIB, 31 Desember 2017 hingga pukul 06.00 WIB, 1 Januari 2018.

"Penutupan mulai dari Simpang Sirait hingga di daerah Puncak Pass," ujar Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, kepada Liputan6.com, Jumat (29/12/2017).

Berikut jadwal buka tutup jalur Puncak:

07.30-11.00 WIB

Bagi Anda yang ingin merayakan pergantian tahun di Puncak, berangkatlah sedari pagi. Pada jam ini, polisi memberlakukan sistem oneway ke atas (Puncak).

13.00-17.00 WIB

Apabila masyarakat dari Cianjur, dapat memasuki Puncak pada jam ini. Polisi memberlakukan oneway turun ke bawah (Puncak) pada waktu tersebut.

18.00 WIB

Jalur Puncak ditutup

Selama jalur Puncak ditutup, arus lalu lintas dari Jakarta menuju Puncak akan dialihkan via jalur Sukabumi maupun menggunakan jalur Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cariu-Cianjur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan Kapolri

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan, jalur arah Puncak, Bogor, akan ditutup pada malam pergantian tahun. Dia mengimbau agar Puncak dijadikan kawasan bebas kendaraan sementara.

"Puncak, saya minta penekanan khusus di Puncak ditutup, car free night tidak ada kendaraan di tanggal 31 Desember malam tahun baru," tutur Tito di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (28/12/2017).

Menurut Tito, terobosan itu akan menjadi pertama kalinya dilakukan. Penutupan jalan berlaku pukul 18.00 WIB sampai dengan 06.00 WIB pagi di kedua arah jalan.

"Untuk kendaraan naik atau turun," ucap dia.

Tito mengatakan, jalur yang ditutup dimulai dari Ciawi hingga Cianjur dan arah sebaliknya.

Kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya yang nantinya disediakan. Sementara pengunjung lainnya juga dapat menikmati malam tahun baru 2018 dengan berjalan kaki.

"Yang naik saya imbau kepada masyarakat supaya sebelum jam 18.00 WIB, di atas jam 24.00 WIB tak usah naik lagi ke atas (Puncak). Sebaliknya dari Cianjur juga akan ditutup," Tito menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.