Sukses

Golkar: Elektabilitas Dedy Mulyadi-Deddy Mizwar Sama-Sama Tinggi

Sebelumnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menegaskan akan mengusung Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi sebagai calon gubernur.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat telah menyepakati untuk berkoalisi di Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2018. Mereka mengusung pasangan Dedy Mulyadi dan Deddy Mizwar.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menyatakan, Dedi Mulyadi sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jabar telah melakukan komunikasi intensif bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar sebagai kader Partai Demokrat.

Kendati begitu, Ace menyatakan keyakinannya akan adanya koalisi kedua partai ini. Secara elektabilitas, keduanya, yakni Dedi-Deddy, memiliki elektabilitas yang cukup tinggi.

"Peluang kemenangan sangat besar, jadi kami yakin dapat memenangkan Pilkada Jawa Barat," ujar Ace saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Kamis (28/12/2017).

Sebelumnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, Partai Golkar akan mengusung Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi sebagai calon gubernur Jawa Barat 2018. Dia menegaskan Golkar tidak mengusung Dedi sebagai wakil gubernur.

"(Dedi Mulyadi posisinya) pimpinan/gubernur," kata Airlangga kepada Liputan6.com via pesan singkat, Kamis (28/12/2017).

Dia pun menegaskan, koalisi partai hanya akan menyerahkan nama cawagub untuk Dedi. Namun, hal ini masih dalam pembahasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Golkar Tutup Peluang Ridwan Kamil

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan partainya tidak akan kembali mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat. Dia mengatakan Partai Golkar mantap mengusung Bupati Purwakarta, Dedy Mulyadi, pada pertarungan Pilgub Jawa Barat 2018.

Terlebih dengan sudah ada kesepakatan dengan Demokrat akan menyandingkan Dedy dengan Deddy Mizwar.

"Saya rasa tidak (balik ke Ridwan Kamil)," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu, 27 Desember 2017.

3 dari 3 halaman

Gerindra, PKS, PAN usung Sudrajat-Ahmad Syaikhu

Sebelumnya, Partai Demokrat berkoalisi dengan PAN dan PKS dengan mengusung Deddy Mizwar sebagai bakal calon gubernur.

Namun, ternyata keduanya memilih berkoalisi dengan Partai Gerindra dengan mengusung Sudrajat-Ahmad Syaikhu pada Rabu, 27 Desember 2017 di Kantor DPP Partai PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Presiden PKS Sohibul Iman mengaku telah menghubungi Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu dalam keputusannya Pilkada Jabar 2018. Bahkan Deddy, menurut Sohibul, sangat dewasa dalam menanggapi keputusan itu.

"Pak Demiz (Deddy Mizwar) saya telepon dan saya sampaikan juga keputusan PKS terkait pilihan kami. Pak Demiz sangat luar biasa, beliau penuh pengertian bahwa politik sangat dinamis," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.