Sukses

Polri: Natal dan Tahun Baru 2017 Zero Kriminalitas

Menurut Polri, keberhasilan itu karena sinergitas antara TNI Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Polri melakukan pengamanan pada liburan Natal dan tahun baru 2018 ini. Dari giat operasi yang dilakukan, Polri yakin dapat menekan angka kejahatan yang berarti hingga nihil alias zero criminality.

"Hasil pantauan beberapa tim yang terlibat dalam Operasi Lilin enggak ada kejadian berarti. Ada kejadian street crime dan laka lantas biasa. Kita bisa sebutkan Operasi Lilin ini dalam kategori lancar dan sukses," tutur Karopenmas Divisi Humas Polri Kombes Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (26/12/2017).

Menurut Iqbal, keberhasilan itu karena sinergitas antara TNI, Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat. Termasuk juga sejumlah ormas Islam yang ikut mengamankan jalannya rangkaian acara di hari Natal.

"Masyarakat kita libatkan saat hulunya, operasi khusus kepolisian didahului tiga bulan sebelumnya, Operasi Cipta Kondisi. Menciptakan situasi kondisi agar aman, didahului operasi rutin, seperti Operasi Nila Narkoba, Operasi Zebra dengan sasaran disiplin lalu lintas, dan operasi preman, miras, dan lain-lain. Tujuannya bagaimana gangguan keamanan kita kelola, mereduksi, bahkan zero kriminalitas," jelas dia.

Kerja sama itu, lanjut Iqbal, mencontohkan bahwa Indonesia negara yang beragam dan juga sangat toleran.

"Kekuatan kami adalah perbedaan. Sehingga Polri merasa kekuatan ini menjadi satu. Kita sedang mengumpulkan strategi yang enggak boleh dikurangi dan memperkuat sampai pergantian malam tahun baru," Iqbal menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapolda: Jakarta Aman Terkendali

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis mengatakan, situasi Jakarta pada Hari Natal aman dan terkendali. Dia pun menyebut tak ada yang menonjol.

"Wilayah Jakarta aman dan terkendali, tidak ada kejadian menonjol," ucap Idham saat dikonfirmasi, Senin, 25 Desember 2017.

Idham Aziz berterima kasih kepada warga yang mengedepankan sikap toleransi tinggi dan saling menghargai saat perayaan Natal.

Idham mengimbau kepada semua pihak agar tetap menjaga keamanan Jakarta. Bukan hanya hari ini, melainkan juga seterusnya.

"Imbauan dari saya, mari kita semua rayakan dan menjaga agar Jakarta selalu dalam keadaan aman, damai, dan tertib sehingga suasan dapat terus terjaga dari hari ke hari," tandas Idham Aziz.

3 dari 3 halaman

Polri Kerahkan 90 Ribu Personel

Polri mengerahkan sekitar 90.000 personel untuk mengamankan tempat-tempat ibadah dan wisata selama perayaan Natal 2017 dan tahun baru 2018.

"90 ribu itu yang tugas khusus. Pelayanan Polri tetap selama liburan Natal dan tahun baru ditambah dengan yang tugas khusus. Mereka fokus pengamanan tempat wisata, ibadah, dan jalur-jalur lalu lintas," ujar Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto, di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2017).

Setyo mengatakan, pihaknya juga akan memaksimalkan pengamanan dengan Operasi Lilin 2017 di sejumlah tempat ibadah dan tempat wisata.

"Operasi Lilin mulai 22 Desember 2017 sampai 2 Januari 2018 dengan sasaran pengamanan di tempat ibadah, tempat wisata serta jalur-jalur yang diperkirakan akan menjadi jalur favorit bagi para pengguna jalan yang akan bepergian," terangnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.