Sukses

Polisi Selidiki Penyebab Terbakarnya Puluhan Rumah di Bogor

Polisi akan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kebakaran yang menghanguskan sekitar 40 unit rumah.

Liputan6.com, Bogor - Sebanyak 40 rumah di Kampung Gudang, Kelurahan Gudang, Bogor Tengah, Kota Bogor, hangus terbakar pada Senin, 25 Desember 2017.

Pantauan Liputan6.com, sekitar pukul 11.00 WIB hari Selasa (26/12/2017), banyak warga masih berada di lokasi kejadian. Mereka ingin melihat dari dekat lokasi kebakaran tersebut.

Polisi dan relawan masih berjaga-jaga di sejumlah titik lokasi.

Area masuk menuju lokasi kebakaran dipasangi garis polisi. Garis polisi juga dipasang mengelilingi salah satu rumah yang diduga sebagai titik munculnya api.

Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota Komisaris Choirudin mengatakan pemasangan garis polisi bertujuan untuk mempermudah penyelidikan penyebab kebakaran.

Menurut dia, polisi juga akan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kebakaran yang menghanguskan sekitar 40 unit rumah ini.

"Hari ini ada dilaksanakan olah TKP, jadi dari Labfor dengan Inafis, kemudian dengan penyidik melakukan oleh TKP di lokasi kebakaran," kata Choirudin di lokasi kejadian, Selasa (26/12/2017).

Di lokasi kejadian penyidik dan Labfor akan memeriksa secara ilmiah berbarengan, penyebab kebakaran itu.

Selain olah TKP, polisi juga sudah memeriksa sejumlah saksi yang mengetahui peristiwa kebakaran tersebut.

"Tentunya nanti kita akan padukan dengan olah TKP nanti," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jika Lalai

Apabila ada unsur kelalaian, kata dia, pemilik bisa dijerat hukum sesuai undang-undang berlaku.

"Sedang diselidiki. Nanti kita lihat," ujar Chorudin.

Menurut keterangan sejumlah warga, titik api berasal dari lantai rumah Tuti Herawati. Api kemudian menjalar hingga menghanguskan puluhan rumah di permukiman padat penduduk itu.

"Banyak yang bilang pemilik lupa mencabut kabel sertikaan," kata Edi Supriadi (48), warga setempat.

Enam unit pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi untuk menjinakkan api di wilayah tersebut. Namun, sempitnya jalan di lokasi membuat petugas hanya bisa menjulurkan selang mendekat ke titik api.

 

3 dari 3 halaman

Lalin Macet

Akibat kejadian ini, sedikitnya 40 rumah ludes terbakar. Selain itu, lebih dari 77 Kepala Keluarga atau 271 jiwa diungsikan ke SD Empang dan rumah saudaranya.

Sementara itu, arus lalu lintas dari Jalan Juanda menuju arah Empang terpantau macet. Selain meningkatnya arus kendaraan, kemacetan juga terjadi karena banyaknya warga yang ingin melihat lokasi kebakaran.

Kemacetan bertambah parah karena banyaknya kendaraan yang parkir hendak menyalurkan bantuan kepada korban bencana kebakaran.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.