Sukses

Beda Perayaan Natal Ahok Tahun Ini dan Tahun Lalu

Momen Natal tahun ini mau tidak mau dijalani Ahok dari balik jeruji besi Rumah Tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Natal kali ini cukup berbeda bagi mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Tidak ada sanak saudara atau orangtua yang menemaninya menjalani prosesi Natal.

Momen Natal tahun ini mau tidak mau dijalani Ahok dari balik jeruji besi, Rumah Tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Ahok dibui karena kasus yang dituduhkan kepadanya, menistakan agama. Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang diketuai H. Dwiarso Budi Santiarto mengetuk palu untuk hukuman 2 tahun penjara kepada Ahok, 9 Mei 2017.

Tahun lalu, meski disibukkan dengan kasus yang tengah dihadapi, Ahok masih bisa merayakan Natal bersama keluarga tercinta, termasuk dengan ibu kandungnya, Buniarti Ningsih. Berikut perjalanan Ahok di Natal 2016 dan 2017

Natal 2016

Pada Natal 2016, Ahok mengikuti misa Natal di Gereja Kristus Yesus di Jalan Pluit, Penjaringan, Jakarta. Ahok datang bersama putranya, Nicholas Sean Purnama, istri Veronica Tan, dan juga ibu kandungnya Buniarti Ningsih. Saat itu Ahok mengenakan kemeja biru kotak-kotak dengan bawahan celana bahan berwarna cokelat.

Ahok tidak merayakan Natal di kampung halamannya Belitung Timur lantaran sedang mempersiapkan sidang kasus penistaan agama yang jatuh pada 27 Desember 2016.

Tiga hari sebelum Natal, mantan politikus Gerindra ini mengaku ingin menikmati makanan favoritnya yaitu durian.

"Aku di rumah, mau makan durian saja. Mau ngabisin es durian, he he he. Rumahku open house melulu," ujar Ahok di Jalan Potlot III, Jakarta Selatan, Kamis 22 Desember 2016.

Sedangkan Veronica Tan sendiri mengaku sudah memasak soto untuk hidangan Natal.

"Masak soto," jawab Veronica kepada awak media usai misa di Gereja Kristus Yesus, Pluit, Jakarta Utara, Minggu 25 Desember 2016.

Ahok juga mengaku tidak ada doa khusus yang dipanjatkannya saat itu karena menurutnya setiap hari adalah natal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Natal 2017

Pada tanggal 9 Mei 2017 Ahok diputus pidana penjara 2 tahun karena terbukti melakukan penodaan agama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Auditorium Kementerian Pertanian. Sejak 10 Mei 2017 Ahok resmi menjadi tahanan Mako Brimob Depok.

Ahok harus rela merayakan Natal tahun ini di Mako Brimob. Kali ini ia tidak melakukan misa, melainkan hanya acara perenungan yang digelar di Mako Brimob.

"Tidak ada Misa. Meski begitu, di sana ada renungan kasih Yesus," kata pengacara Ahok, I Wayan Sudirta, saat dihubungi Liputan6.com, Senin (25/12/2017).

Ahok sempat memberikan ucapan natal yang diposting ke account instagram @basukibtp. Tulisan tangan asli Ahok itu disampaikan kepada Tim BTP (Tim pendukung Basuki Tjahaja Purnama) saat menengok Ahok di Mako Brimob pekan lalu.

"Selamat Natal 2017 untuk yang merayakannya.

Semoga Allah sumber pengharapan, memenuhi kita semua dengan kesehatan yang baik, sukacita dan selalu ada damai sejahteraNya yang melampaui segala akal dan memelihara hati dan pikiran kita dalam Kristus Yesus.

People ought to be selflessly loving because it is who whe are.

Human are made in the image of a selflessly God; Loving other is what makes us truly human.

Selamat Tahun Baru 2018

Salam BTP

Ahok

Mako Brimob."

Ahok adalah satu dari ribuan narapidana yang mendapatkan remisi khusus Hari Raya Natal pada 25 Desember 2017.

Pengurangan hukuman ini didapat Ahok karena dirinya memenuhi syarat yaitu telah menjalani masa hukuman selama enam bulan dan berkelakuan baik selama ditahan.

Namun, ada hal yang tidak jauh berbeda dari tahun lalu. Ahok tetap menghabiskan waktu natal bersama keluarganya. Hari ini 25 Desember 2017, Ahok dan keluarga makan siang bersama di Mako Brimob Depok.

3 dari 3 halaman

Rindu Keluarga

Adik Ahok, Fifi Lety Indra mengungkapkan, ada hal yang dirindukan tahun ini bersama sang kakak.

"Ya ke Belitung Timur, Natal bersama. Itu yang kami rindukan," kata Fifi kepada Liputan6.com, Senin (25/12/2017).

Dia mengatakan, tidak ada hal spesial yang dibawa untuk rencana makan bersama Ahok hari ini. "Enggak ada," kata Fifi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.