Sukses

446 Pesawat di Bandara Soekarno Hatta Jalani Ramp Check

Pengecekan juga dilakukan kepada para pilotnya. Hal tersebut dklakukan secara random yang terindikasi.

Liputan6.com, Tangerang - Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso memastikan telah melakukan ramp check atau pemeriksaan di lapangan, terhadap 446 pesawat untuk angkutan libur Natal dan Tahun Baru 2018.

Hal tersebut diungkapkannya usai mengecek lonjakan penumpang di Terminal 1C Bandara Soekarno Hatta, Sabtu 23 Desember 2017.

"Ramp check sudah kita laksanakan, jumlah pesawat terbang sebanyak 446 pesawat, sudah di ramp check semua," ujarnya.

Pengecekan juga dilakukan kepada para pilotnya. Hal tersebut dilakukan secara random yang terindikasi. Sehingga dipastikan tidak ada pilot menerbangkan pesawat dalam keadaan sakit, apalagi terpengaruhi narkoba atau miras.

"Tidak boleh pilot menerbangkan pesawat dalam kondisi terpengaruh narkoba, kondisinya harus prima," ujar Agus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemeriksaan Pilot

Untuk pilot yang tengah melakukan pengobatan, Agus menegaskan akan diberikan batasan untuk menerbangkan pesawat. Sementara untuk pilot yang menggunakan narkoba, maka akan dilarang penuh untuk terbang.

"Konsumsi pilot mengenai obat-obatan ketika sakit dibatasi, diberikan batasan menerbangkan pesawat, ketika indikasi narkoba itu sudah pasti kita stop," tegas Agus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.