Sukses

Filipina Diterjang Badai Tropis Tembin, 75 Orang Tewas

Sebanyak 75 orang di Filipina tewas akibat diterjang Badai Tropis 'Tembin', evakuasi warga dari arus deras berjalan dramatis.

Fokus, Filipina - Badai tropis sebabkan banjir bandang dan longsor di Filipina selatan. Bencana yang menewaskan 75 orang ini terjadi saat menjelang puncak persiapan dan perayaan hari Natal.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Minggu (24/12/2017), sejumlah warga tampak berupaya menyelamatkan diri dan membantu mengevakuasi warga lainnya, yang terjebak derasnya banjir bandang di kawasan Provinsi Lanao Del Norte, Filipina Selatan, Sabtu, 23 Desember 2017. Bencana banjir yang dipicu Badai Tropis Tembin ini juga mengakibatkan longsor di wilayah tersebut.

Bencana yang terjadi jelang puncak persiapan perayaan Natal ini, selain melumpuhkan sejumlah aktivitas warga juga merusak sarana dan infrastruktur di kawasan ini. Wilayah terparah yang dilanda bencana selain Lanao Del Sur, juga semenanjung Zamboanga. Setidaknya 75 orang tewas dan 58 lainnya hilang akibat peristiwa ini.

Pejabat setempat menyatakan, ini merupakan bencana terburuk yang menimpa Filipina. Sedikitnya  20 kali angin topan dan badai setiap tahunnya, telah membuat kepulauan yang terletak di sabuk lempeng pasifik menjadi salah satu negara paling rawan bencana di dunia.