Sukses

Libur Natal dan Tahun Baru, Penyeberangan Merak Lancar

Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, dipenuhi para pemudik yang ingin menikmati liburan Natal dan Tahun Baru di kampung halaman.

Liputan6.com, Cilegon - Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, dipenuhi para pemudik yang ingin menikmati liburan Natal dan Tahun Baru di kampung halaman. Mereka menyeberang selat Sunda tersebut sejak beberapa hari terakhir.

"(Penyeberangan) lancar. Baik dari transportasi orang atau membawa beban lain," kata Dirut PT ASDP Ferry Indonesia, Ira Puspadewi saat ditemui di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (23/12/2017).

Dia menambahkan, PT ASDP Ferry Indonesia selaku perusahaan BUMN berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Sebagai wujud hadirnya negara di tengah-tengah masyarakat yang memerlukan jasa penyeberangan.

"Kita harus mentransformasi, kita sebagai coorporate harus relevan dengan kebutuhan konsumen kita," terang.

Dalam memberikan pelayanan, terutama saat libur panjang, arus mudik, libur natal dan tahun baru, PT ASDP memandang dalam dua sisi. Pertama sebagai agent development yang memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sedangkan sudut pandang yang kedua dari sisi komersial yang memberikan keuntungan kepada negara sendiri.

"Semua kembali kepada negara, memberikan pelayanan yang baik dan memberikan masukan kepada negara," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

178 Ribuan Pemudik

Dari data yang tercatat, sebanyak 178,104 penumpang telah disebrangkan dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, sejak 18-22 Desember 2017. Selain itu, ada juga 4.584 kendaraan roda dua, 19.077 roda empat, 1.547 bus dan 12.906 truck

"Secara nasional (kenaikan) 5 persen, tapi kita menetapkan (kenaikan) 10 persen dibandingkan (libur natal) tahun kemarin," kata La Mane.

Lantaran, anak sekolah telah mulai libur. Sehingga dimungkinkan ada terjadi kenaikan penumpang yang akan menyebrang ke Pulau Sumatera atau sebaliknya.

"Mereka akan mengambil malam, sampai Bakauheni subuh dan bergerak pada siang hari," terangnya.

 

3 dari 3 halaman

Penyeberangan Lain Padat

Selain Pelabuhan Merak dan Bakauheni, kepadatan penyeberangan pun diprediksi akan terjadi di lintas timur, Sibolga-Nias, Bangka Belitung, hingga Tanjung Kelian.

"seluruh kapal-kapal milik ASDP maupun kapal lintas penyebrangan diseluruh Indonsia, siap melayani natal dan tahun baru," jelasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.