Sukses

Hari Ibu, Wanita di Kampung Nelayan Pahami Kanker Serviks

Penyebaran pemahaman tentang kanker serviks juga bagian perwujudan Nawacita Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan perempuan yang tinggal di kampung nelayan, Cilincing, Jakarta Utara, diberikan pemahaman atas kanker mulut rahim atau kanker serviks, Sabtu (23/12/2017).

Memperingati hari ibu, pengetahuan soal kanker serviks jadi penting lantaran kanker itu menjadi urutan kedua yang mengakibatkan kematian kaum ibu.

"Oleh karena tingginya insidensi penderita kanker serviks di Indonesia maka penting bagi wanita memiliki pemahaman mengenai kanker dan juga bagaimana cara mencegahnya," kata Ketua Bidang Kesehatan dan Pendidikan PPPA Garda Pemuda Nasdem Dr Dewi Ema Anindia, Jakarta Utara, Sabtu (23/12/2017).

Dia melanjutkan, penyebaran pemahaman tentang kanker serviks juga bagian perwujudan Nawacita Presiden Jokowi. Dimana salah satunya dengan meningkatka pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan tahun 2015-2019.

"Kami berharap setelah ibu-ibu paham kanker serviks maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan deteksi dini dengan test Inpeksi Visual Asam Asetat (IVAA) atau dengan Pap Smear bagi yang sudah menikah dan yamg belum atau masih gadis disarankan vaksinasi kanker, " beber dia.

Kanker serviks sendiri bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi kanker serviks, dimana di Indonesia terdapat 2 jenis vaksinasi kanker serviks yang beredar. World Health Organization (WHO) memberikan rekomendasi agar vaksinasi kanker serviks dilakukan sejak remaja.

"Satu-satunya kanker yang dapat dicegah adalah kanker serviks namun yang sering menjadi kendala terutama di Indonesia adalah biaya, vaksinasi kanker serviks merupakan vaksin yang cukup mahal jadi kita berharap kedepannya vaksinasi kanker serviks dapat menjadi gratis," Dewi menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesejahteraan Perempuan

Acara penyuluhan Kanker Serviks ini, diawali dengan pemahaman mengenai Kanker serviks, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta dan juga pembagian paket sehat.

Hal ini dilakukan secara berkala, dan terselenggara bersamaan dengan Partai hingga sayap Partai.

"Demi kesejahteraan dan peningkatan kualitas kesehatan perempuan Indonesia," kata Wakil Ketua Umum Bidang Sosial Garda Pemuda NasDem Clara Tampubolon.

"Kami berharap, setelah ibu-ibu paham mengenai kanker serviks maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan deteksi dini dengan test IVA (Inpeksi Visual Asam Asetat) atau dengan Pap Smear bagi yang sudah menikah, dan bagi yang masih gadis disarankan untuk melakukan vaksinasi kanker serviks," ucap Clara. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.