Sukses

Suasana Depan Stasiun Tanah Abang Usai Penutupan Jalan untuk PKL

Jalan sepanjang 400 meter itu akan disterilkan dari arus kendaraan mulai dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan akan menutup jalan depan Stasiun Tanah Abang lama untuk memfasilitasi para PKL. Jalan sepanjang 400 meter itu akan disterilkan dari arus kendaraan mulai dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Penataan itu tersebut mulai dilaksanakan pada hari ini.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (22/12/2017), penutupan jalan di depan stasiun lama Tanah Abang itu sudah dilakukan sejak pukul 07.30 WIB. Namun begitu, namun hingga pukul 08.10 WIB, tenda-tenda para PKL belum selesai terpasang.

Para PKL dan ojek pangkalan masih asyik menduduki trotoar Tanah Abang. "Kan tendanya masih dipasang," ujar Udin, pedagang buah di trotoar

Berbeda dengan Udin, pengemudi ojek pangkalan, Jian mengaku tak mau menunggu pelanggan di shelter yang disediakan Pemprov di Jalan Jati Baru Bengkel. Hal tersebut lantaran jaraknya yang terlalu jauh saat menjemput penumpang.

"Kejauhan mbak di sana, mana ada yang mau jalan ke sana (shelter)," ucap dia.

Selain itu, petugas masih sibuk memasang tenda di sepanjang jalan yang ditutup. Sedangkan para PKL asyik menonton dipinggir melihat tenda yang akan menjadi tempat jualan mereka.

"Saya dapat tenda, itu nomor 26," ujar Dahlia PKL Tanah Abang sembari menonton petugas pemasang tenda.

Rencananya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan meninjau langsung hasil penataan Tanah Abang siang ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sepenuhnya untuk Pejalan Kaki

Anies sebelumnya mengungkapkan, dengan adanya kawasan khusus PKL, trotoar sepanjang Tanah Abang itu sepenuhnya untuk pejalan kaki. "Seluruh trotoar kanan kiri 100 persen untuk pejalan kaki," ucap Anies.

Penataan kedua, kata Anies, akan ada 10 bus Transjakarta gratis yang akan mengantar pengguna komuter maupun pengunjung Tanah Abang untuk berkeliling.

 

3 dari 3 halaman

Siapkan Bus Transjakarta

"Disiapkan 10 bus Transjakarta yang akan beroperasi nonstop tanpa henti, sehingga semua pengguna kereta bisa mudah naik Transjakarta. Bagi pendatang tidak perlu repot bawa mobil, tapi naik Transjakarta," ujar Anies.

Sedangkan untuk ojek pangkalan maupun ojek online, Pemprov menyediakan pangkalan khusus yang berada di Jatibaru bengkel.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.