Sukses

Survei KPI: Liputan6 Petang SCTV Paling Banyak Ditonton

Siaran berita SCTV Liputan6 Petang paling banyak ditonton, yakni 40,5 persen pemirsa televisi.

Liputan6.com, Jakarta Program SCTV Liputan6 Petang meraih peringkat pertama sebagai program siaran berita yang paling banyak ditonton, berdasarkan survei Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di 2017.

"Program siaran berita SCTV Liputan6 Petang menjadi yang paling banyak ditonton,” ujar Komisioner KPI Obsatar Sinaga di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2017).

Dia mengatakan, Liputan6 Petang diikuti oleh dua acara berita lainnya di stasiun TV berbeda.

“Berdasarkan survei, siaran berita SCTV Liputan6 Petang ditonton oleh 40,5 persen pemirsa televisi, dan ini yang paling tinggi,” jelas Obsatar.

Dia menyatakan, survei pemeringkatan kepada pemirsa program siaran televisi ini bertujuan untuk pemeringkatan program-program siaran berkualitas pilihan lembaga penyiaran yang ditonton pemirsa.

KPI menggunakan metode penarikan sampel acak bertahap, dimulai dengan menentukan Primary Sampling Unit (PSU).

Agar sampling error bisa diperkecil, PSU yang diambil adalah desa atau kelurahan, kemudian diambil tiga tahap hingga responden terpilih. Dari masing-masing PSU diambil 10 orang responden.

Jadi totalnya ada 1.200 responden yang berasal dari 12 kota. Di antaranya adalah Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

12 Program Berita

Jumlah program berita yang diambil oleh lembaga penyiaran adalah 12. Jenis kelamin responden terdiri dari atas 47 persen laki-laki, 42 persen perempuan, dan 11 persen tidak menjawab.

Untuk usia responden, sebanyak 24 persen merupakan usia 41 sampai 50 tahun, 23 persen di usia 31 sampai 40 tahun, dan 20 persen di usia 51 sampai 60 tahun. Lalu 16 persen di usia 21 sampai 30 tahun, 11 persen tidak menjawab, dan 6 persen kurang dari 20 tahun.

3 dari 3 halaman

Kerja Sama dengan ISKI

Sedangkan pekerjaan responden, paling banyak merupakan ibu rumah tangga sebanyak 26 persen. Sisanya antara lain PNS, TNI/Polisi, pegawai swasta, dan wiraswasta. Untuk pendidikan responden, sebanyak 55 persen merupakan tamat SLTA/sederajat. Sisanya adalah tamat D3, S1, S2, dan S3.

KPI berkerja sama dengan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) dan 12 perguruan tinggi di Indonesia untuk menggelar survei ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.