Sukses

Jaksa Ungkap Kode Suap di Kasus Pemulusan WTP Kemendes PDTT

Jaksa Takdir sempat membuka percakapan Irjen Kemendes PDTT Sugito dengan dua Auditor BPK Rochmadi Saptogiri dan Ali Sadli.

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Takdir Suhan mengungkap adanya kode dalam kasus dugaan suap pemulusan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT).

Jaksa Takdir sempat membuka percakapan Irjen Kemendes PDTT Sugito dengan dua Auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rochmadi Saptogiri dan Ali Sadli. Kode tersebut yakni 'ijo royo-royo'.

"Ini apa hasilnya 'ijo royo-royo'. Ini saat pertemuan Anda (Sugito) dengan Rochmadi dan Ali Sadli," jaksa Takdir bertanya kepada Sugito di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (20/12/2017).

Pertanyaan jaksa Takdir tak digubris oleh Sugito. Sugito malah mengalihkan dengan menjelaskan pertemuannya dengan Rochmadi. Jaksa KPK lainnya Ibnu Widodo pun kembali menegaskan maksud dari 'ijo royo-royo' tersebut.

"Maksudnya 'ijo royo-royo itu apa?" Jaksa Ibnu Widodo bertanya kepada Sugito.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Maksud Ijo Royo-Royo

Menurut Sugito, maksud dari kalimat 'ijo royo-royo' tersebut bukan kode dari dirinya. Melainkan dari auditor BPK lainnya Choirul Anam.

"Maksudnya, gampang ketemu antara saya dengan Pak Rochmadi, itu tapi yang bilang Anam," Sugito menjelaskan.

Dalam perkara ini, Sugito didakwa menyuap auditor BPK sebesar Rp 240 juta untuk mendapat opini WTP dari BPK terkait laporan hasil keuangan Kemendes PDTT.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Suap Auditor BPK