Sukses

4100 Pekerja Terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan di HKSN 2017

Pada peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2017, Menteri PMK, Puan Maharani menyerahkan 4100 kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Liputan6.com, Jakarta Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang diperingati setiap tanggal 20 Desember, tahun ini digelar di Lapangan Makodam V Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (20/12).

Salah satu rangkaian acara dalam peringatan HKSN tersebut adalah penyerahan secara simbolis Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada 4100 Peserta oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani.

Dari 4100 peserta tersebut seluruhnya adalah pekerja sosial yang terdiri dari 243 Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), 969 Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan 2888 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang didaftarkan selama 3 bulan oleh perusahaan-perusahaan dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) BPJS Ketenagakerjaan.

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis mengucapkan terima kasih kepada Menko PMK yang telah berkenan menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis serta kepada perusahaan yang telah berpartisipasi dalam GN Lingkaran.

"semoga dengan penyerahan kartu ini semakin membuktikan hadirnya negara untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja di Indonesia melalui BPJS Ketenagakerjaan termasuk pekerja sosial," ujar Ilyas Lubis.

GN Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan adalah program untuk menggalang solidaritas dan kepedulian dalam bentuk donasi iuran BPJS Ketenagakerjaan dari pelaku usaha baik individu, maupun perusahaan untuk dapat berpartisipasi dalam memberikan perlindungan kepada pekerja rentan yang belum memikirkan tentang perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, jelas Ilyas.

Selain Menko PMK RI, peringatan HKSN yang memiliki nilai sejarah untuk Indonesia juga dihadiri oleh Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawangsa yang sehari sebelumnya telah meresmikan pembukaan pameran HKSN dan memberikan penghargaan kepada Pilar-Pilar Sosial, seperti Tagana Terbaik, KPM Terbaik dan TKSK Terbaik.

Dalam acara yang berlangsung dari tanggal 19-20 Desember 2017 ini, BPJS Ketenagakerjaan juga menyediakan Tenan Informasi BPJS Ketenagakerjaan yang disediakan untuk para pengunjung agar dapat teredukasi dengan program dan manfaat yang diselenggarakan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), Jaminan Kematian (JKm).

“Semoga dengan berbagai bentuk sosialisasi yang kami lakukan semakin banyak masyarakat pekerja yang mengerti tentang program kami dan sadar akan pentingnya memiliki perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan," pungkas Ilyas.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini