Sukses

Pasukan TNI AL Gelar Aksi Bersih-Bersih di Kali Citarum

Sebelumnya kondisi sungai Citarum kotor oleh ulah manusia sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi meninjau langsung lokasi Danau Saguling, yang merupakan muara Sungai Citarum di kawasan Batujajar, Bandung Barat. Aliran air di Danau Saguling kini terlihat cukup bersih dan tidak terlihat ada penumpukan sampah.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi, Rabu (20/12/2017), sebelumnya kondisi Sungai Citarum kotor oleh ulah manusia sendiri, akibat banyak dipenuhi sampah baik sampah rumah tangga maupun limbah industri. Sungai Citarum kotor dan terjadi sedimentasi yang memicu terjadinya banjir di wilayah Baleendah dan Dayeuhkolot.

Selama tiga hari sejak 16 Desember 2017 lalu sebanyak 1.400 pasukan TNI Angkatan Laut, bersama elemen masyarakat termasuk anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan juga Polri dikerahkan mengangkut sampah yang menumpuk di aliran Sungai Citarum sejauh 12
kilometer.

Rangkaian bersih-bersih Sungai Citarum yang dilakukan ribuan prajurit selama tiga hari ini merupakan rangkaian kegiatan HUT Armada yang ke-72. Kegiatan juga diisi dengan penananaman pohon di sekitar bantaran Sungai Citarum. Artis Doel Sumbang ikut menyumbangkan sejumlah lagu pada hari terakhir kegiatan bersih-bersih Citarum ini.