Sukses

Kemenhub Cek 526 Pesawat Angkutan Natal dan Tahun Baru di Soekarno Hatta

Petugas Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub mengecek kondisi sejumlah pesawat di Bandara Seokarno Hatta, Tangerang, Banten.

Liputan6.com, Tangerang - Petugas Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengecek kondisi sejumlah pesawat di Bandara Seokarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Hal ini merupakan rangkaian pemeriksaan fisik terhadap kondisi pesawat di seluruh bandara di Indonesia sejak satu bulan lalu.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Rabu (20/12/2017), total pesawat yang diperiksa berjumlah 526. Jumlah ini terdiri dari 446 pesawat komersil dan 80 pesawat kargo.

Sementara itu, Ditjen Perhubungan Udara akan mengumumkan hasil pemeriksaan pada pekan depan. Jika belum ada perbaikan, Ditjen Perhubungan Udara akan memberikan teguran kepada maskapai bersangkutan.

Namun, Direktur Kelayakan Udara dan Pengoperasian Pesawat Kemenhub Muzffak Ismail menyatakan belum ditemukan kerusakan parah pada pesawat yang diperiksa. Hasil ini berdasarkan pemeriksaan awal yang telah dilakukan.

Pemeriksaan berkala merupakan bagian persiapan angkutan Natal dan tahun baru 2018. Sebab, seluruh pesawat harus dinyatakan layak terbang. Tak hanya itu, Kemenhub juga memeriksa kesehatan maupun lisensi terbang para pilot.

Pada libur Natal dan tahun baru 2018 jumlah penumpang diperkirakan naik 5,2 persen atau sekitar enam juta penumpang. Hal ini berdasarkan perbandingan pada periode yang sama di tahun sebelumnya.