Sukses

Antisipasi Banjir, KAI Semarang Siapkan 2 Lokomotif Hidrolis

Posisi mesin yang tinggi membuat lokomotif ini mampu menerjang banjir setinggi setengah meter.

Fokus, Semarang - Melayani lonjakan penumpang masa libur Natal dan Tahun Baru yang ditetapkan mulai tanggal 22 Desember 2017-7 Januari 2018, PT Kereta Api Indonesia menyiapkan dua lokomotif hidrolis. Posisi mesin yang tinggi membuat lokomotif ini mampu menerjang banjir setinggi setengah meter.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Selasa (19/12/2017), para penumpang terdampak banjir di Stasiun Tawang Semarang akan diangkut kereta lokomotif hidrolis menuju Stasiun Alas Tuo untuk melanjutkan perjalanan ke kota tujuan menggunakan kereta api yang telah disiapkan.

Begitupun sebaliknya, sehingga gangguan jadwal perjalanan kereta akibat rel tergenang banjir bisa diatasi. Selain itu, PT KAUI juga meninggikan rel dan menambah batu di wilayah rawan banjir.

Menurut Slamet Suseno Direktur Operasi KAI pihaknya telah meninggikan batu-batu di rel setinggi 30 sentimeter di Jalur Semarang - Tawang hingga Alas Tuo.

Sementara itu pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru kali ini PT KAI mengoperasikan sebanyak 180 rangkaian kereta dengan kapasitas penumpang sebanyak 278 ribu 552 orang dalam setiap harinya.