Sukses

Kuis Baru Jokowi, Tebak Foto Masa Muda di UGM

Sebelum memulai kuis, Jokowi mengungkapkan kenangannya ketika berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM, 37 tahun silam.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jika biasanya Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar kuis tentang nama pulau atau sila dalam Pancasila saat berkunjung ke daerah, kali ini kuisnya berbeda. Hal itu terlihat usai Jokowi menyampaikan pidato ilmiah dalam Rapat Terbuka Dies Natalis ke-68 Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sebelum memulai kuis, Jokowi mengungkapkan kenangannya ketika berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM, 37 tahun silam. Ketika itu dia berpenampilan sebagaimana mahasiswa kebanyakan waktu itu.

"Ketika saya masuk kampus, saya sebagai mahasiswa berambut gondrong dengan celana cut bray," ujar Jokowi yang disambut tawa para hadirin di Grha Sabha Pramana UGM, Selasa (19/12/2017).

Tak lama kemudian, di layar muncul sebuah foto lawas yang memperlihatkan belasan laki-laki yang tengah bergaya. Presiden kemudian meminta seorang perempuan untuk maju ke depan dan menebak sosok Jokowi dalam foto tersebut.

Perempuan berkerudung itu pada kesempatan pertama salah menebak sosok Jokowi dalam foto. Namun, Jokowi memberikannya kesempatan sekali lagi dan perempuan itu berhasil menebak dengan benar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Berhadiah Sepeda

Selanjutnya, Presiden meminta foto kedua ditampilkan. Akan tetapi di foto ini, Jokowi justru kebingungan karena tidak mengenali sosoknya di dalam foto. Akhirnya, ia meminta foto ketiga ditampilkan.

Kali ini, seorang bapak maju dan menjawab dengan benar atas pertanyaan yang sama. Tamu undangan pun berteriak menanyakan sepeda.

"Bapak dan Ibu ini saja tidak minta sepeda, kok yang lain minta sepeda," ucap Jokowi yang lagi-lagi membuat para tamun undangan tertawa.

Sebelum Jokowi beranjak dari podium, ajudan Presiden mendatangi dan berbisik di telinganya.

"Saya barusan dibisiki, ada sepeda ternyata untuk Bapak dan Ibu," Jokowi menutup disertai tepuk tangan para tamu.

3 dari 3 halaman

Kuis di Facebook

Tak hanya saat kunjungan kerja, Presiden juga kerap menggelar kuis melalui akun Facebook miliknya. Seperti akhir September lalu, Jokowi menggelar kuis berhadiah sepeda khusus untuk perempuan bertajuk #Jokowi Menjawab Edisi Perempuan.

"Mau dapat hadiah sepeda dari saya?" tulis Jokowi di akun Fanpages Facebook Presiden Joko Widodo, seperti dikutip Liputan6.com, Kamis 21 September 2017.

Khusus untuk para wanita, Jokowi tidak memberi tantangan atau pertanyaan tertentu. Sebaliknya, Jokowi mengajak wanita Indonesia untuk mengajukan pertanyaan apa pun kepadanya.

"Saya mengajak remaja putri, wanita karier, ibu-ibu rumah tangga, mengajukan pertanyaan dalam bentuk video untuk #JokowiMenjawab edisi kedua," lanjut Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu punya alasan tersendiri dalam membuat kuis khusus perempuan ini. Jokowi menilai, suara perempuan sangat penting dalam pembangunan Indonesia.

"Kenapa para perempuan? Karena suara perempuan Indonesia begitu penting. Perempuan punya peran yang besar dalam mendorong pembangunan bangsa dan negara," tutur Jokowi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.