Sukses

Jadi Sekjen Golkar 3 Periode, Posisi Idrus Marham Kini Terancam?

Idrus sendiri mengaku pasrah jika tak lagi menjabat sebagai Sekjen Partai Golkar.

Liputan6.com, Jakarta - Idrus Marham telah menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar selama tiga periode berturut-turut. Dia menjabat sebagai tangan kanan Ketua Umum Golkar sejak dipimpin oleh Aburizal Bakrie atau Ical selama dua periode. Kemudian, jabatan itu dia lanjutkan ketika Golkar dipimpin Setya Novanto.

Namun, sejak Airlangga Hartarto dipilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Golkar, posisi Idrus terancam. Politikus Golkar Yorrys Raweyai mengungkapkan ketidaksetujuan jika Idrus Marham kembali terpilih menjadi sekjen partai. Namun begitu, penunjukan itu diserahkan kepada pengurus Golkar yang baru.

Idrus sendiri mengaku pasrah jika tak lagi menjabat sebagai Sekjen Golkar.

"Semua bisa diganti termasuk sekjen. Yang namanya revitalisasi semua bisa, ndak ada masalah. Tentu ada parameter-parameter yang ada. Tidak ada satu pun di antaranya yang tidak memungkinkan diganti. Terserah ketua umum," ujar Idrus di JCC, Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Dia mengatakan, berpartai adalah soal pengabdian. Dengan begitu, baginya tak masalah jika posisinya sebagai Sekjen Golkar digantikan orang lain.

"Jangan hanya mau mengabdi kalau jadi ketua umum atau jadi sekjen. Kalau posisi lain tidak. Itu namanya bukan panggilan pengabdian," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapa Pengganti Idrus?

Sementara, Wakil Sekjen Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan dirinya belum terpikirkan akan menduduki posisi sekjen di Partai Golkar.

Dia mengatakan pembaruan di kepengurusan diserahkan sepenuhnya kepada ketua umum.

"Saya serahkan kepada Ketum Airlangga, saya tidak mau komentar banyak," kata Ace.

Tak hanya itu, kader Partai Golkar lainnya yang disebut sebagai salah satu calon sekjen, yakni Ibnu Munzir.

"Belum bisa saya jawab, (karena) belum ada dari dalam. Kalau masih isu di luar tidak bisa ditanggapi," jelas Ibnu.

Sebelumnya, politikus senior Partai Golkar Yorrys Raweyai menyebutkan terdapat beberapa calon pengganti Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham. Selain Ace Hasan dan Ibnu Munzir terdapat pula Happy Bone hingga Andi Sinulingga atau yang sering disapa Ucok.

3 dari 3 halaman

Demi Citra

Menurut Yorrys, penunjukan idrus Marham sebagai sekjen Partai Golkar dapat kembali memunculkan persepsi miring di tengah publik. Terlebih, Idrus Marham dinilai sebagai sosok orang terdekat Setya Novanto.

"Stigma ini harus hilang. Bagaimana menyelamatkan partai ini menjadi suatu kekuatan politik nasional," jelas Yorrys.

Ada banyak sosok yang dinilai dapat menggantikan Idrus Marham. Terlebih mereka semuanya masih muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini