Sukses

Panglima: TNI Siap Dukung Polri Amankan Natal dan Tahun Baru

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan jajarannya siap mendukung Polri dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, jajarannya siap mendukung Polri dalam pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2018 di seluruh wilayah Indonesia.

Dia juga telah memerintahkan seluruh prajuritnya untuk berkoordinasi dengan Polri dalam rangka pengamanan tempat ibadah dan tempat rekreasi.

"TNI siap untuk mendukung Polri dari seluruh kekuatan di kewilayahan sudah saya perintahkan untuk berkoordinasi dengan kepolisian untul menyukseskan Natal 25 Desember dan tahun baru," tegas Hadi usai video conference bersama dengan Kapolri dan sejumlah menteri di Mabes Polri, Jakarta, Senin (18/17/2017).

Menurut dia, pihaknya bersama Polri juga siap mencegah aksi teror dan tindak pidana lain. Yang pasti, ucap Hadi, pihaknya bersama Polri akan tetap solid dalam berkoordinasi.

"Kita akan tunjukkan TNI-Polri solid menghadapi permasalahan ke depan," tandas Hadi soal pengamanan Natal dan tahun baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waspadai Teroris

Terorisme menjadi salah satu kejahatan yang diantisipasi Polri jelang Natal dan tahun baru 2018. Tak hanya mengamankan tempat-tempat ibadah, Polri juga bersiaga di tempat-tempat wisata untuk mengantisipasi transnational crime itu.

Polri juga sudah memetakan daerah rawan pelanggaran keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang perayaan Natal. Daerah-daerah tersebut merupakan wilayah yang mayoritas masyarakatnya merayakan Natal.

"Daerah rawan sesuai dengan prediksi kita, rawan lonjakan situasinya ya, pasti di daerah-daerah yang saudara-saudara kita banyak merayakan Natal, seperti Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Maluku, Papua, Papua Barat, dan NTT (Nusa Tenggara Timur)," ujar Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto, di Humas Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (15/12 /2017).

3 dari 3 halaman

Belum Ada Ancaman

Terkait ancaman terorisme jelang Natal dan tahun baru, Polri belum mendapat informasi.

"Walaupun sudah dinyatakan sampai sekarang belum ada ancaman (terorisme) tetapi kita tidak boleh lengah, kita tidak boleh abai. Oleh sebab itu, Polri sudah melakukan upaya-upaya untuk menjaga stabilitas kamtibmas, " kata Setyo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.