Sukses

Demi Pemenangan Pemilu, Airlangga Akan Rombak Pengurus Golkar

Airlangga ingin hasil Munaslub Golkar mendatang bisa mengukuhkan sebuah struktur partai yang dapat bergerak cepat ke akar rumput.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut kondisi partai tersebut menjelang pemilu sudah dalam kondisi Siaga 3.

Karena itu, dia berkeinginan agar hasil Munaslub Golkar mendatang bisa mengukuhkan struktur partai yang dapat bergerak cepat ke akar rumput.

"Maka kita harus menyiapkan pengurus yang siap untuk kerja double gardan, siap untuk masuk di daerah-daerah," ucap Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, Minggu 17 Desember 2017.

Oleh karena itu, dia berencana merevitalisasi, atau merombak pengurus Partai Golkar demi meraih kemenangan di Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 mendatang.

"Kalau kita bicara revitalisasi pengurus, tujuannya untuk kemenangan pemilu. Revitalisasinya dikaitkan dengan kemenangan pemilu karena ini kan bukan business as usual. Bukan kepengurusan yang dalam kondisi biasa, tetapi dalam kondisi force major," kata Airlangga.

"Kalau kita ingin bangkit tentu kontestasinya dalam Pemilu 2019 dan Pilkada 2018. Jadi tentunya kita akan konsentrasi kepada Pemilu 2018 dan 2019," lanjut dia.

Hanya saja, Airlangga masih belum mau mengungkapkan siapa saja dalam kepengurusannya nanti yang akan diganti. Ia mengaku hanya ingin mempertahankan soliditas internal Partai Golkar.

"Kita membutuhkan pengurus yang lincah, karena ini sudah dalam mood menghadapi pemilu. Nah, tentu masing-masing akan sibuk mengurus pemilu legislatif bagi teman-teman yang akan menjadi caleg (calon legislatif). Tentu ini jadi pertimbangan juga," pungkas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sepakati Jadwal Munaslub

Sebelumnya, dalam rapat pleno yang berlangsung tertutup bagi awak media, Partai Golkar akhirnya menyepakati jadwal Munaslub. Usai rapat pleno, Airlangga pun menjelaskan kepada awak media terkait keputusan dalam rapat tersebut.

"Menyepakati seluruh materi dan jadwal, baik Rapimnas maupun Munaslub, di mana Rapimnas akan dimulai besok (Senin 18 Desember 2017) jam 9 pagi di JHCC. Sedangkan untuk Munaslub akan dibuka oleh Bapak Presiden pada 18 Desember 2017 jam 7 malam," ujar Airlangga.

Lebih lanjut dia mengatakan, baik Rapimnas maupun Munaslub ditargetkan akan dihadiri 2.000 peserta yang berasal dari seluruh jajaran pengurus tingkat I dan tingkat II Partai Golkar.

Dia pun berharap dengan diselenggarakannya dua acara tersebut, bisa menjadi momentum positif bagi Partai Golkar.

"Seluruh materi munaslub sudah disepakati. Diharapkan Rapimnas dan Munaslub menjadi momentum bagi Partai Golkar untuk kebangkitan Partai Golkar," tutur Menteri Perindustrian tersebut.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.