Sukses

Waspadai Hujan Lebat dan Petir Landa Jakarta hingga Malam Ini

Diperkirakan hujan akan berlangsung hingga pukul 19.00 WIB dan akan meluas ke wilayah Jakarta Selatan hingga Jakarta Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras kembali mengguyur beberapa wilayah di Jakarta sore ini. Hujan lebat tersebut disertai kilat atau petir hingga angin kencang.

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hujan turun mulai pukul 16.00 WIB, mengguyur daerah di Jakarta Timur seperti di Kecamatan Duren Sawit, Makassar, Kramat Jati, Pasar Rebo, Ciracas, Cipayung, dan sekitarnya.

Hujan diperkirakan meluas ke wilayah Jakarta Selatan hingga Jakarta Barat, seperti di kawasan Cilandak, Pasar Minggu, Jagakarsa, Kebayoran, Setiabudi, Tebet, Pancoran, Mampang Prapatan, Jatinegara, Matraman, Kembangan, Kebon Jeruk, Palmerah, Tanah Abang, dan sekitarnya.

Diperkirakan, hujan akan berlangsung hingga pukul 19.00 WIB.

Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau pihak-pihak terkait di setiap wilayah rawan bencana untuk mengantisipasi.

"Para camat dan lurah di daerah rawan banjir atau longsor tersebut juga diharapkan bisa mengantisipasi dengan menyiagakan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU)," tulis BPBD DKI Jakarta dalam akun Twitternya, Sabtu (16/12/2017).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan Gubernur Anies

Sehari sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta anak buahnya untuk bersiaga. Menurut dia, berdasarkan informasi dari BMKG yang diterimanya, hujan lebat disertai petir diprediksi akan melanda Ibu Kota pada malam hari.

"Kita menerima prakiraan cuaca dari BMKG dan dalam prakiraan cuaca ini disebutkan bahwa Jakarta malam nanti ada kemungkinan hujan lebat disertai petir. Terutama di Jakarta Timur dan di Jakarta Selatan," kata Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Jumat, 15 Desember 2017.

Anies menyebut telah menginstruksikan seluruh aparat untuk siaga. "Pagi sudah diinstruksikan kepada seluruh aparat untuk siaga tanggap," kata dia.

Mantan Mendikbud itu juga mengimbau agar  seluruh warga untuk waspada hujan petir.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Hujan Jakarta