Sukses

Ba'asyir Bantah Terlibat Terorisme

Pelatihan yang diduga sebagai kegiatan terorisme dibantah kuasa hukum Abu Bakar Ba'asyir. Pelatihan itu untuk pasukan jihad yang akan dikirim ke Palestina.

Liputan6.com, Jakarta: Abu Bakar Ba'asyir tak terlibat terorisme. Pelatihan yang disebut-sebut sebagai kegiatan teroris adalah persiapan untuk pasukan jihad ke Palestina. Hal ini disampaikan Michdan, kuasa hukum Abu Bakar Ba'asyir, Kamis (10/2), di Jakarta.

Michdan mempertanyakan penggunaan pasal berlapis untuk menjerat Ba'asyir, khususnya terorisme. "Ini mengada-ada. Sepertinya sedemikian rupa diciptakan kriminalisasi kasus," ujar Michdan.

Seharusnya hari ini Ba'asyir yang juga pimpinan Jamaah Anshorut Tauid menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan agenda pembacaan dakwaan. Namun, Ba'asyir menyampaikan keberatan karena pemanggilan terhadap dirinya terkesan mendadak. Padahal, seharusnya pemanggilan sidang dilakukan tiga hari sebelumnya. Dengan keberatan Ba'asyir, sidang ditunda Senin pekan depan.

Ba'asyir didakwa merencanakan, menggerakkan, dan meminjamkan dana untuk kegiatan terorisme. Dia juga dikaitkan dengan perampokan Bank CIMB Niaga di Medan, Sumatra Utara.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.