Sukses

Nasdem Dukung Calon Gubernur PDIP di Pilgub Jateng 2018

Sampai saat ini PDIP belum menetapkan bakal calon yang akan diusung di Pilgub Jateng 2018

Liputan6.com, Semarang - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum mengumumkan mengusung siapa dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018. Kendati demikian, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) memastikan akan mendukung calon yang akan diusung partai besutan Megawati Soekarnoputri itu di Pilgub Jateng 2018.

"Siapa pun calonnya, Nasdem akan mendukung yang diusung PDIP. Itu perintah Pak Surya Paloh (Ketua Umum Nasdem)," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Nasdem Jateng, Sugeng Ibrahim, di Semarang, seperti dilansir Antara, Jumat (15/12/2017).

Dukungan tersebut linear dengan sikap politik yang diambil oleh Nasdem, yang sejak awal bergabung dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo. Nasdem sebelumnya juga mengumumkan dukungannya kepada Jokowi dalam Pemilihan Presiden 2019.

Sampai saat ini PDIP belum menetapkan bakal calon yang akan maju dalam pilgub yang digelar pada 27 Juni 2018 nanti. Kendati sejumlah nama sudah melamar pada partai pemenang Pemilu 2014 di Jateng tersebut. Nama yang mendaftar melalui PDIP antara lain, Musthofa, Bupati Kudus dan eks Bupati Klaten, Sunarna.

"Mengenai siapa calonnya, hanya Allah dan Bu Megawati yang tahu. Belum tentu juga Ganjar Pranowo (yang dicalonkan)," kata Sugeng yang juga dokter spesialis kulit tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi

Sejumlah survei menunjukkan bahwa petahana Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas lebih dari 50 persen, sedangkan tokoh-tokoh lain, termasuk Sudirman Said yang baru saja dicalonkan oleh Partai Gerindra dan PAN, masih di bawah 10 persen.

Menurut dia, pada hari-hari terakhir pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum itulah DPP PDIP akan mengumumkan calon yang akan diusung. Bisa jadi, katanya, pada tanggal 9 Januari 2018 pada malam hari.

Di tempat sama, Charles Meikyansyah dari Bidang Komunikasi dan Media DPP Partai Nasdem mengakui bahwa selama ini kiprah Nasdem di Jateng belum begitu terekspose ke masyarakat.

Padahal, menurut dia, Pemilu 2019 semakin mendekat sehingga mesin politik yang selama ini cenderung adem perlu dihangatkan, dipanaskan.

"Sebentar lagi kita memasuki tahun politik. 'Warming up ' (pemanasan) politik mulai saat ini merupakan langkah strategis," katanya.

Hasil Pemilu 2014, Nasdem Jateng mengirimkan lima wakil di DPR RI, empat wakil di DPRD Jateng, dan 56 anggota DPRD kabupaten/kota.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.