Sukses

Golkar: Posisi Ketua DPR Ditentukan Setelah Munaslub

Munaslub Partai Golkar akan digelar pada 19-20 Desember 2017 di Jakarta Convention Center (JCC).

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan, tidak ada pembahasan khusus soal Ketua DPR RI di musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) nanti.

"Jabatan Ketua DPR seharusnya akan ditentukan setelah Munaslub," kata Ace di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Ace menyebut, saat rapat pleno Partai Golkar tidak membahas mengenai nama-nama calon Ketua DPR. Namun, hanya fokus pada Rapimnas dan Munaslub Golkar.

Sedangkan untuk nama-nama calon Ketua DPR yang telah beredar seperti Aziz Syamsuddin, Agus Gumiwang, Bambang Soesatyo, Fadel Muhammad dan Zainuddin Amali, menurut Ace mereka adalah kader Partai Golkar yang memiliki kapasitas, kemampuan hingga pengalaman masing-masing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Figur Bersih

Terpenting yakni calon pimpinan DPR itu dapat menciptakan partai berlambang pohon beringin itu bersih dan dapat membangkitkan kepercayaan berdasarkan pernyataan Airlangga Hartarto.

"Diharapkan untuk Ketua DPR adalah figur yang merepresentasikan Golkar bersih. Sehingga bisa meningkatkan marwah partai," jelas Ace.

Munaslub Partai Golkar akan digelar pada 19-20 Desember 2017 di Jakarta Convention Center (JCC). Sebelumnya, partai berlambang beringin itu akan menggelar Rapimnas pada 18 Desember di tempat yang sama.

3 dari 3 halaman

Airlangga Ditunjuk Jadi Ketum

Airlangga Hartarto ditunjuk menjadi Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Setya Novanto. Penunjukkan ini berlangsung dalam rapat pleno yang digelar di kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu malam.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal Golkar Ace Hasan, Airlangga ditunjuk secara aklamasi.

 "Jabatan ketua umum nonaktif (lowong). Pengisian jabatan lowong dengan memutuskan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum," ucap Ace saat dikonfirmasi, Rabu (13/12/2017).

Untuk mengukuhkan jabatan baru Airlangga ini, Golkar akan menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada 19-20 Desember 2017. Namun sehari sebelum itu, yakni pada 18 Desember 2017, akan lebih dulu dilangsungkan Rapat Pimpinan Nasional.

Ace juga menyebut, penanggungjawab Munaslub telah ditunjuk.

"Penanggungjawab Munaslub Idrus Marham. Ketua Penyelenggara Nurdin Halid. Ketua SC Ibnu Munzir. Ketua OC Agus Gumiwang Kartasasmita," pungkas Ace.

Sebelum penunjukan Airlangga, rapat sempat diskor sekitar pukul 10.30 WIB.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.