Sukses

Berkat Gas Bumi, Pabrik Sohun Bisa Menghemat hingga 45 Persen

Pakai Gas Bumi PGN, Pabrik Sohun Ini Hemat 45 Persen

Liputan6.com, Jakarta PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus memperluas jaringan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi ke berbagai daerah. Kali ini, gas bumi PGN yang aman, efisien, dan ramah lingkungan ini dinikmati oleh sebuah pabrik sohun di Cirebon, Jawa Barat.

"Kami baru saja memasok gas bumi ke PT Nusantara Top yang memproduksi makanan berupa sohun dan gula batu," ujar Sales Area Head PGN Cirebon, Ade Sutisna, Jumat (8/12/2017).

Ia mengatakan, gas bumi PGN sudah mengalir ke pabrik Nusantara Top sejak 5 Desember 2017. Gas bumi ini digunakan untuk keperluan burner. PGN mengalokasikan gas dengan kapasitas 1.001-10.000 meter kubik per bulan ke pabrik ini.

Pemilik PT Nusantara Top, Ramlan, menceritakan bahwa selama ini pabriknya yang berlokasi di Desa Luwung, Kecamatan Mundu, Cirebon, menggunakan LPG dan Solar sebagai bahan bakar.

"Kendala kami saat-saat tertentu, LPG sering langka serta setiap bulannya harus mengisi tangki solar," ucapnya.

Dengan beralih ke gas bumi PGN yang disalurkan lewat pipa, Ramlan berharap bisa mendapat kepastian pasokan dan menekan ongkos produksi.

"Kami hitung, dengan gas bumi saving cost bisa 30-45 %," kata dia.

Tak hanya memberi manfaat dari segi ekonomi saja, Ramlan juga sudah memperkirakan, beralihnya sumber bahan bakar pabrik dari LPG ke gas bumi mampu memperluas lahan pabrik yang selama ini digunakan untuk menyimpan tabung LPG.

"Harapan kami dengan beralih ke energi yang lebih efisien dan bersih serta ramah lingkungan ini, produksi kami semakin meningkat karena lahan kosong bisa menjadi lokasi penyimpanan produk," ujarnya.

Sesuai tema PGN 360 Degree Integrated Solution, PGN berkomitmen memberikan layanan penggunaan gas bumi dari hulu hingga hilir. Contohnya, menyediakan gas bumi melalui anak usaha Saka Energi, menyediakan gas bumi dalam bentuk gas alam cair (LNG), CNG, dan melalui jaringan pipa gas bumi yang tersebar di 19 kabupaten/kota di 12 provinsi.

Saat ini, PGN telah memasok lebih dari 1.658 industri besar dan pembangkit listrik, lebih dari 1.984 pelanggan komersial, dan 177.710 pelanggan rumah tangga. Konsumen PGN tersebut tersebar di 19 kabupaten/kota di 12 provinsi, diantaranya Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, dan Sorong Papua.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini