Sukses

PDIP Siap Gelar Rakornas Bangkitkan Ekonomi Rakyat

Rakornas PDIP ini mengambil tema Berdikari Untuk Indonesia Raya dengan subtema Ekonomi Kerakyatan dalam Praktik.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 3 Pilar Bidang Ekonomi Kerakyatan di ICE BSD Tangerang, Banten pada 16-17 Desember 2017.

Menurut Ketua DPP PDIP Bidang Ekonomi Kerakyatan yang juga Ketua Panitia Mindo Sianipar, kegiatan ini akan dihadiri seluruh struktural partai.

"Pesertanya itu adalah struktural partai di tingkat provinsi, kabupaten kota, pimpinan dewan dari PDIP, dan pimpinan daerah dari PDIP," ujar Mindo di Kantor DPP PDIP Jakarta Pusat, Kamis 14 Desember 2017.

Ia menjelaskan, akan ada sidang-sidang dalam acara yang berlangsung selama dua hari tiga malam itu. "Jadi percakapam atau sidang-sidang itu tidak hanya dilakukan di pleno, karena sasaran kita ini bagaimana mengembangkan ekonomi kerakyatan," ucap dia.

Acara ini mengambil tema Berdikari Untuk Indonesia Raya dengan subtema Ekonomi Kerakyatan dalam Praktik. Sebab, PDIP ingin rakornas kali ini menjadi momentum untuk membangkitkan kembali ekonomi kerakyatan.

"Ada pameran. Pameran ini bagian dari pencerahan pada audiens yang datang, jadi pameran itu tidak hnya lewat sidang-sidang tapi melihat langsung yang ada," ucap dia.

Pameran tersebut akan dihadiri 300 peserta dari seluruh Indonesia atau sekitar 185 stan. "Jadi dalam pameran ini tidak mewakili daerah, tidak mewakili usaha, tapi lebih diarahkan mewakili satu potensi, misalnya potensi singkong," tutur dia.

Mindo mengatakan, pameran dalam Rakornas PDIP nanti dari hulu ke hilir. Jadi, misalnya tidak hanya memamerkan singkongnya saja, tapi juga bagaimana produksinya.

"Sehingga nanti banyak di sana yang dipamerkan dari hulu ke hilir. Terdiri dari berbagai kelompok usaha, bisa juga berbagai daerah, mulai dari hulu sampai produk turunan di hilir ada," ucap dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Jokowi-JK

Untuk jumlah peserta, menurut Mindo akan ada sekitar 1.400 orang yang hadir dalam rakornas ini. Dan juga, kata dia, di setiap stand pameran akan ada workshop bagi para peserta.

"Di setiap pameran ada workshop yang dipamerkan itu. Ada tujuh workshop peserta 1.400 dibagi tujuh kelas dan minimum satu orang peserta mengambil dua kelas," jelas Mindo.

Acara pembukaan rakornas ini rencananya akan dihadiri oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, juga jajaran menteri Kabinet Kerja.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.