Sukses

Fadli Zon: 2 Kursi Menteri Bakal Kosong, Perlu Reshuffle Kabinet

Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPR RI Fadli Zon menyebut akan ada dua kursi menteri yang segera kosong.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPR RI Fadli Zon menyebut akan ada dua kursi menteri yang segera kosong. Yakni, posisi Menteri Sosial, bila Khofifah Indar Parawansa resmi jadi Cagub Jatim, dan kursi Menteri Perindustrian jika Airlangga Hartarto telah resmi menjabat Ketua Umum Partai Golkar.

"Logikanya, kalau ada kekosongan berarti ada reshuffle (kabinet). Ada posisi baru untuk menteri-menteri tersebut," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2017).

Namun, menurut dia, reshuffle kabinet itu tetap menjadi hak prerogratif Presiden. Apakah akan langsung melakukan penggantian atau memutuskan adanya menteri yang rangkap jabatan.

Kendati begitu, Fadli menyarankan agar Jokowi langsung merombak kabinet kerjanya. "Saya kira lebih bagus langsung ada penggantinya," ujar Fadli.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto telah terpilih sebagai Ketua Umum Partai Golkar menggantikan terdakwa kasus e-KTP Setya Novanto. Adapun Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa telah mendeklarasikan diri bersama Bupati Trenggalek menjadi bakal cagub dan cawagub di Pilkada Jatim 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Boleh Rangkap Jabatan

Presiden Jokowi pernah menyatakan, menterinya tidak boleh merangkap jabatan agar dapat fokus bekerja.

"Tidak boleh rangkap-rangkap jabatan. Kerja di satu tempat saja belum tentu benar," kata Jokowi di Jakarta, 21 Oktober 2014.

Bahkan, pada Juni 2015, saat Jokowi ingin menarik Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), dia diminta melepaskan jabatan sebagai Ketua Umum PKPI.

Hal serupa juga diterapkan Presiden Jokowi kala meminta Wiranto menggantikan posisi Luhut Pandjaitan sebagai Menko Polhukam pada 2016. Saat itu Wiranto menjabat sebagai Ketua Umum Hanura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Fadli Zon lahir di Jakarta, 1 Juni 1971. Saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia
    Fadli Zon lahir di Jakarta, 1 Juni 1971. Saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia

    Fadli Zon

  • Kabinet Kerja

Video Terkini