Sukses

Wihara Ekayana Serpong Segera Diresmikan Menteri Agama

Menag Lukman diagendakan meresmikan Wihara Ekayana Serpong di Jalan Ki Hajar Dewantara Nomor 3A, Gading Serpong, Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Gading Serpong, Tangerang, pada Minggu 17 Desember 2017. Menteri Lukman diagendakan meresmikan Wihara Ekayana Serpong di Jalan Ki Hajar Dewantara Nomor 3A, Gading Serpong, Tangerang.

Dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Kamis (14/12/2017) disebutkan Wihara dengan nuansa modern ini mulai dibangun pada pertengahan 2014 lalu. Kendati akan diresmikan jelang akhir tahun 2017, berbagai kegiatan keagamaan maupun kegiatan sosial telah dilakukan di wihara ini.

Kegiatan tersebut di antaranya perayaan Hari Waisak dan hari besar Buddhis lainnya, kegiatan donor darah, hingga bakti sosial.

Kegiatan sosial rutin ini digelar melalui program Ekayana Peduli, di mana program ini merupakan praktik langsung ajaran Buddha, yakni berbagi kasih kepada sesama tanpa batas dan membedakan suku, agama, dan ras.

Keberadaan Wihara Ekayana Serpong telah menjadi tempat melakukan kegiatan bagi keluarga Buddhis. Pada Minggu pagi, keluarga Buddhis datang bersama-sama mengikuti puja bhakti umum, puja bhakti remaja, dan sekolah minggu.

Di hari lain juga ada puja bakti malam uposatha, puja bhakti pemuda, dharma class, dan latihan meditasi. Jumlah umat yang hadir meningkat pesat. Hal ini membuat sarana yang disediakan benar-benar berfungsi optimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Wihara

Wihara modern berlantai lima ini mampu menampung umat dalam jumlah banyak. Ruang-ruang sekolah minggu dapat dibuka sekatnya dan berubah menjadi aula-aula yang cukup luas.

Umat yang berada di balkon maupun aula-aula akan dapat mengikuti jalannya acara dengan nyaman melalui videotron. Wihara yang dijuluki wihara keluarga buddhis modern ini semakin menarik karena dapat digunakan menginap bagi mereka yang mengikuti retret.

Di lantai lima, selain ruang meditasi yang besar dan hening, juga dilengkapi 10 kamar mandi serta ruang kelas yang dapat digunakan peserta untuk tidur.

Dari sisi teknologi informasi, Wihara ini termasuk tidak ketinggalan. Dalam pengumuman kegiatan, dilakukan melaui layar monitor yang tersedia.

Wiharta ini juga menghadirkan keindahan alam. Selain taman, di bagian belakang juga terhampar luas danau buatan yang memberi kesan kedamaian bagi siapa pun yang memandangnya.

Wihara yang dikelilingi oleh berbagai kampus perguruan tinggi ini juga menjadi tempat para mahasiswa mengembangkan diri mereka maupun membantu mengembangkan agama Buddha.

Kehadiran Wihara Ekayana Serpong ini diharapkan memberikan dampak-dampak yang positif bagi lingkungan terutama peningkatan moral generasi muda yang merupakan penerus bangsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.