Sukses

Nurdin Halid: Terhitung Rabu Malam Ini, Airlangga Ketum Golkar

Nurdin Halid menegaskan, mulai Rabu 13 Desember malam, Golkar memiliki ketua umum baru, yaitu Airlangga Hartarto.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Harian DPP Golkar membacakan putusan Rapat Pleno DPP Golkar. Dia menegaskan, mulai Rabu 13 Desember malam, Golkar memiliki ketua umum baru, yaitu Airlangga Hartarto.

"Terhitung malam ini Ketua Umumnya adalah bapak Airlangga Hartarto," ucap Nurdin membacakan hasil Rapat Pleno Golkar, di DPP Golkar, Rabu malam.

Dia menegaskan jabatan yang disandang Airlangga bukanlah Pelaksana Tugas (Plt). Dia resmi menyandang jabatan definitif.

"Ini definitif (jabatan ketum)," jelas Nurdin.

Sebelumnya, Wasekjen Golkar Ace Hasan menuturkan, keputusan tersebut akan dikukuhkan dalam Rapat Pimpinan Nasional 18 Desember 2017 di Jakarta. Oleh karena itu, Munaslub pun akan digelar di kota yang sama.

"Untuk mengukuhkan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum akan digelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) tanggal 19-20 Desember 2017," Ace menjelaskan.

Dia juga menyebut penanggung jawab Munaslub Golkar telah ditunjuk.

"Penanggung jawab Munaslub Idrus Marham. Ketua Penyelenggara Nurdin Halid. Ketua SC, Ibnu Munzir. Ketua OC, Agus Gumiwang Kartasasmita," pungkas Ace.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aklamasi

Airlangga Hartarto ditunjuk menjadi Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Setya Novanto. Penunjukkan ini berlangsung dalam rapat pleno yang digelar di kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu malam.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal Golkar Ace Hasan, Airlangga ditunjuk secara aklamasi.

"Jabatan ketua umum nonaktif (lowong). Pengisian jabatan lowong dengan memutuskan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum," ucap Ace saat dikonfirmasi, Rabu (13/12/2017).

Untuk mengukuhkan jabatan baru Airlangga ini, Golkar akan menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada 19-20 Desember 2017. Namun sehari sebelum itu, yakni pada 18 Desember 2017, akan lebih dulu dilangsungkan Rapat Pimpinan Nasional.

 

3 dari 3 halaman

Sempat Diskors

Ace juga menyebut, penanggungjawab Munaslub telah ditunjuk.

"Penanggungjawab Munaslub Idrus Marham. Ketua Penyelenggara Nurdin Halid. Ketua SC Ibnu Munzir. Ketua OC Agus Gumiwang Kartasasmita," pungkas Ace.

Sebelum penunjukan Airlangga, rapat sempat diskors sekitar pukul 10.30 WIB.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.