Sukses

Gerindra Ungkap Sosok Kriteria Pendamping Sudirman Said

Partai Gerindra telah memilih Sudirman Said sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jateng 2018. Lantas siapakah wakilnya?

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra telah memilih Sudirman Said sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jateng 2018. Penetapan itu berlangsung di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Terkait dengan calon pendamping Sudirman Said dalam Pilkada Jateng, Prabowo tidak mengungkapkannya. Ia hanya menjelaskan kriteria yang dianggap tepat menemani Sudirman dalam memimpin Jawa Tengah nantinya.

"Tentunya yang tidak korupsi, memiliki kapabilitas, juga yang cocok dengan pak Sudirman Said," ucap Prabowo, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Hal senada diungkapkan Sudirman Said. Dia berharap sosok yang mendampinginya nanti memiliki kesamaan visi. Sehingga dapat sejalan dalam menjalankan tugas.

"Tentunya dibutuhkan chemistry, integritas, kapabilitas, dan elektabilitas, karena basis besar pun penting," ucap dia.

Namun begitu, dia mengungkapkan kesepakatan partai koalisi juga akan berperan penting dalam menentukan sosok wakilnya. Begitu juga dalam menentukan juru kampanye.

Terkait dengan Anies Baswedan yang dikabarkan akan menjadi juru kampanye, Sudirman Said mengaku tidak akan membebaninya. Anies Baswedan dianggap telah memiliki tanggung jawab berat di Jakarta.

"Mungkin pak Anies akan ikut kampanye. Namun beliau memiliki tanggung jawab berat di Jakarta. Saya tidak boleh terlalu mengganggu kegiatan beliau," jelas Sudirman Said.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semangat Anti-Korupsi

Gerindra memutuskan mengusung Sudirman Said menjadi calon gubernur di Jawa Tengah. Sudirman pun mengungkapkan spirit yang akan dibawanya untuk membangun Jawa Tengah bila terpilih.

"Saya bersama Gerindra akan mengedepankan semangat antikorupsi," kata Sudirman di Kediaman Prabowo, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Ia mengatakan jabatan merupakan peluang besar menciptakan perubahan. Sudirman nantinya ingin menyatukan semua kekuatan yang ada di Jawa Tengah.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia ini mengatakan akan menjadikan perbedaan sebagai alat pemersatu. Sudirman akan mengelola agar keragaman jangan justru menjadi kekuatan memecah belah.

"Jawa Tengah akan menjadi ajang bagi kita semua untuk mewujudkan itu semua," pungkas Sudirman.

 

3 dari 3 halaman

Berlangsung Khidmat

Penetapan Sudirman Said sebagai calon Gubernur Jawa Tengah berlangsung khidmat dan disambut dengan tepuk tangan setelah dinyatakannya penetapan usungan Partai.

"Kita hanya ingin memberikan yang terbaik kepada rakyat" ujar Prabowo.

Usai menunjuk sebagai bakal cagub di Pilkada Jateng, Gerindra mempersilakan Sudirman untuk mencari siapa pasangannya.

"Sudirman said harus mencari wakilnya sendiri yang kuat dan memanfaatkan teman-teman koalisi yang ada," kata Prabowo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.