Sukses

Jakarta Akan Diguyur Hujan dengan Intensitas Sedang Hari Ini

Waspada, BMKG memprediksi Jakarta diguyur hujan dengan intensitas sedang hari ini.

Liputan6SCTV, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan, hingga bulan Februari, hujan lebat dengan intensitas sedang hingga tiggi masih akan terjadi di sejumlah daerah. Warga diminta waspada.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Rabu (13/12/2017), BMKG memprediksi Jakarta akan diguyur hujan pada Rabu siang, 13 Desember 2017, dengan intensitas sedang. Warga diminta waspada dengan potensi banjir di sejumlah titik.

Selasa kemarin, akibat hujan dengan intensitas tinggi, sejumlah ruas jalan di wilayah Jakarta tergenang air. Seperti di Jalan Cawang Baru dan Jalan Panjaitan, Jakarta Timur. Kondisi genangan air di kawasan ini mencapai 60 sentimeter.

Di Jakarta Utara, tepatnya di Jalan Gunung Sahari Raya, Pademangan, genangan air terlihat di sejumlah titik. Ketinggian air yang berkisar antara 20–30 sentimeter memaksa pengendara harus melintasi genangan.

Banjir terjadi akibat buruknya sistem drainase dan keberadaan material proyek pengerjaan lubang kabel utilitas yang  turut menghambat arus air.

Tidak hanya di Ibu Kota, banjir bandang juga menerjang sejumlah desa di enam kecamatan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Selasa 12 Desember 2017 sore. Banjir bandang seperti ini terjadi hampir setiap tahun.

Banjir kali ini merupakan yang terparah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Banjir diduga disebabkan gundulnya hutan jati di kawasan perbukitan kapur, sehingga air sungai yang melintasi desa meluap dan mengalir deras menuju permukiman warga.

Sementara itu, pada Desember ini, BMKG juga merilis sejumlah daerah yang berpotensi dilanda banjir. Prakiraan potensi banjir yang disampaikan BMKG meliputi potensi banjir tinggi, menengah, rendah serta aman dari banjir. Penyebaran potensi banjir terlihat di sejumlah daerah di Tanah Air, mulai dari Aceh hingga Papua.