Sukses

Anies Kembali Datangi Tanggul Jatipadang yang Jebol

Anies juga menemui warga yang rumahnya menjadi korban banjir akibat jebolnya tanggul Jatipadang

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mendatangi lokasi tanggul jebol di kawasan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pagi ini. Kedatangan Anies untuk memastikan tanggul yang jebol sudah diperbaiki dan diganti dengan beton.

"Selama ini pakai karung pasir makanya tidak cukup kuat, semoga dengan diganti beton nanti bisa lebih kuat dan nggak jebol lagi," kata Anies di lokasi, Rabu (13/12/2017).

Anies lalu menerobos genangan air di sekitar bibir tanggul sembari mendengar penjelasan Kepala Dinas Sumber Daya Air soal perbaikan tanggul Jatipadang.

Selain itu, Anies Baswedan juga menemui warga yang rumahnya menjadi korban banjir akibat jebolnya tanggul.

"Sekarang sudah surut Pak," tutur salah seorang warga.

Anies sempat meminta warga agar memberikan izin pada para petugas dari Dinas Tata Air untuk dapat bekerja memperbaiki tanggul.

"Diizinkan ya bu, ini orang lalu lalang biar akses mereka baik dan bisa kerja dengan cepat. Ibu dan anaknya juga jaga kesehatan, karena masih banyak bakteri pascabanjir, nanti ada petugas yang bantu," ucap dia.

Sebelumnya, Anies menyebut tanggul yang jebol karena tanggul tersebut terbuat dari karung berisi pasir. Karena terus menerus jebol, Anies memerintahkan untuk mengganti tanggul yang jebol itu dengan beton.

"Instruksinya diganti dengan beton. Pokoknya sekarang yang jangka pendek adalah mengamankan. Jangan terjadi limpahan lagi jangan terjadi banjir lagi," Anies Baswedan menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Temui Pengungsi Banjir

Hujan deras disertai angin kencang pada Senin, 11 Desember 2017 kemarin membuat sebagian wilayah Jakarta terendam banjir.

Akibatnya, tanggul Jatipadang, Jakarta Selatan, kembali jebol. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lantas mendatangi korban musibah tanggul jebol di kawasan Jatipadang pada Senin malam.

Anies menemui para pengungsi di Musala Sabili. Ia memastikan Dinas Sumber Daya Air langsung memperbaiki tanggul itu. "Saya minta harus segera ditangani," kata Anies.

Menurut dia, terdapat puluhan kepala keluarga yang menjadi korban tanggul jebol. Yang paling parah terjadi di RT 3 RW 6 Kelurahan Jatipadang.

"Puluhan KK terpaksa mengungsi di lantai atas Musala Sabili. Lantai bawah musala juga sudah tergenang hingga lebih dari satu meter," ujar dia.

Anies mengatakan, tanggul yang jebol tersebut terbuat dari karung berisi pasir. Akibat volume air yang keras, tanggul itu pun jebol.

"Saya sudah minta agar tim terkait segera turun tangan. Dituntaskan sesegera mungkin. Siang malam bekerja," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.