Sukses

PDIP Umumkan Cagub Pilkada Jabar 17 Desember?

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan, partainya sudah mengerucutkan satu nama yang akan diusung di Pilkada Jabar 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya akan segera mengumumkan beberapa pasangan calon atau paslon untuk pilkada 2018 mendatang.

Menurutnya, para paslon tersebut nanti akan diumumkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Termasuk pasangan calon untuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat atau Pilgub Jabar 2018 mendatang.

"Pilgub Jabar sudah mengerucut termasuk juga Sumatera Utara. Jadi direncanakan pada 17 Desember ini Ibu Ketua Umum akan mengumumkan beberapa paslon, yaitu dari Maluku, Maluku Utara, Riau, Sulteng," ujar Hasto di Wisma Kinasih, Jalan Tapos, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/12/2017).

Dia menyebut, PDIP akan memilih paslon di daerah-daerah yang juga punya persoalan lingkungan, secara serius akan ditanggapi dalam pengumuman tersebut, dengan desain yang sangat baik untuk memperhatikan kelestarian lingkungan.

"Setidaknya ada lima paslon yang akan diumumkan pada 17 Desember. Jabar nanti akan diumumkan bersamaan dengan Lampung, Sumsel, Sumut, dan Jateng," kata Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengerucut pada Satu Nama

Untuk Pilkada Jabar, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan, partainya sudah mengerucutkan kepada satu nama yang akan diusung.

"Jadi sebenarnya nama sudah mengerucut, tinggal komunikasi, calon gubernur arahnya sudah jelas, wakil gubernur masih ada beberapa opsi, kita berikan kesempatan untuk turun ke bawah," ujar Hasto di Wisma Kinasih, Jalan Tapos, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/12/2017).

Hasto menyebut akan ada kejutan dari partai berlambang kepala banteng ini.

"Pokoknya nanti kami pastikan akan terjadi kejutan untuk beberapa provinsi terhadap nama-nama yang kami munculkan," kata dia.

Menurut Hasto, PDIP sangat membuka pintu untuk bekerja sama dengan partai politik lain di dalam pilkada ini. Asalkan, kata dia, sejalan dengan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri.

"Kerja sama sangat dimungkinkan karena parpol kami mengedepankan semangat gotong royong, tetapi kerja sama itu harus dalam nilai-nilai kesepahaman yang sama terhadap Pancasila bagaimana Pancasila dibumikan, diimplementasikan," paparnya.

 

3 dari 3 halaman

Cagub Jabar Diumumkan Bersama Cagub Jateng

Hasto menegaskan, PDIP tidak akan bekerja sama dengan mereka yang mengambil sikap berbeda dan mengingkari keseluruhan proses kesejarahan pembentukan Republik Indonesia ini.

Terkait kapan akan diumumkan pasangan calon untuk Pilgub Jabar, Hasto menyebut bersamaan dengan wilayah-wilayah lain juga.

"Jabar nanti akan bersamaan dengan Lampung, Sumsel (Sumatera Selatan), Sumut (Sumatera Utara), dan Jateng (Jawa Tengah)," jelas Hasto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.