Sukses

Setya Novanto Stres Jelang Dakwaan, Pengacara Ungkit Sakit Bawaan

Sidang pembacaan dakwaan Setya Novanto digelar hari ini di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Penasihat Hukum Setya Novanto alias Setnov, Firman Wijaya menganggap wajar kondisi kliennya menurun jelang sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2017). Bahkan, saat ditanya apakah kondisi Setnov tertekan atau stres dalam menghadapi sidang perdana, Firman juga anggap wajar.

"Yah manusiawi yah hal-hal semacam itu (tekanan dan stres), tapi kan yang tidak bisa dibohongikan record (riwayat) penyakit yah," ujar Firman di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Menurut dia, kondisi serupa akan dialami siapapun bila menghadapi sidang, tak hanya Setya Novanto.

"Siapapun itu, termasuk saya kalau hadapi kondisi semacam ini, tentu ada penyakit bawaan yang sudah lama dan akut pasti akan memberikan dampak yah," kata Firman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Riwayat Penyakit

Menurut Firman, Setnov memiliki riwayat penyakit sebelum akhirnya ditahan penyidik KPK. Setnov disebut memiliki penyakit vertigo, jantung dan lainnya.

"Saya hanya ingin meletakan itu secara proporsional. Kalau beliau mampu sidang yah silakan lanjut, kalau tidak mampu kan tidak bisa dipaksakan," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Serahkan ke Hakim

Meski begitu, Firman akan memberikan sepenuhnya kewenangan kepada hakim apakah akan melanjutkan sidang dakwaan meski nantinya Setnov tak dalam kondisi yang sehat.

"Iya hakim akan memutuskan apakah seseorang dalam keadaan sehat atau tidak," papar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.