Sukses

Korlantas Polri Bantu Kaji Pemindahan Ibu Kota ke Palangkaraya

Rencana pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, masih dalam pengkajian.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, masih dalam pengkajian. Salah satu pihak yang diajak untuk mengkaji pemintahan itu adalah Korps Lalu Lintas Polri.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Royke Lumowa membenarkan pihaknya turut mengkaji pemindahan Ibu Kota negara. Bahkan, hal itu diperkuat dengan adanya Surat Telegram (ST) Kapolri bernomor ST/2883/XII/2017.

Dalam surat yang ditandatangani Royke ini, memerintahkan tim dari Korlantas untuk melakukan kajian di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Juga kajian pemindahan Ibu Kota ke Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan dan Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Kajian pemindahan Ibu Kota Negara ini dilakukan pada 11-14 Desember 2017.

"Ya itu kan mengkaji, wacana, lebih baik kan bersiap sedia payung sebelum hujan. Nah itu wacana (pemindahan Ibu Kota)," ungkap Royke di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta Selatan, Selasa (12/12/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsep Smart City

Menurut Royke, dalam kajian tersebut pihaknya juga membahas konsep Smart City untuk perkotaan. Ia menambahkan pengkajian terhadap Palangkaraya sebagai Ibukota akan terus dilakukan hingga tahun depan.

"Jadi kota yang ramah terhadap berlalulintasnya, yang lancar dan berkeselamatan, ya kita melakukan kajian dengan tim," kata Royke.

 

3 dari 3 halaman

Jokowi Minta Dikaji

Pemindahan Ibukota negara ke Palangkaraya bukan merupakan hal yang baru. Presiden RI pertama, Soekarno pernah memimpikan ibukota Provinsi Kalteng tersebut menjadi pusat pemerintahan.

Wacana tersebut terus bergulir hingga pada masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini. Jokowi meminta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas kembali mengkaji pemindahan ibu kota pemerintahan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.