Sukses

Duka Ibu Bayi Ditolak Puskesmas Brebes hingga Meninggal Dunia

Petugas puskesmas menolak pasien dengan alasan berkas administrasi KIS yang dibawa tidak lengkap karena tidak melampirkan kartu keluarga.

Fokus, Brebes - Seorang bayi berusia 7 bulan di Brebes, Jawa Tengah meninggal dunia akibat tidak mendapatkan pertolongan medis saat dibawa orang tuanya berobat ke puskesmas setempat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (11/12/2017), ibu sang bayi bernama Emiti nampak masih dirundung duka karena baru saja kehilangan anak perempuannya, Icha Selvia karena sakit muntaber.

Petugas puskesmas menolak pasien dengan alasan berkas administrasi Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dibawa tidak lengkap karena tidak melampirkan Kartu Keluarga (KK).

Menurut Emiti setelah ditolak di puskesmas, putrinya sempat ia bawa ke bidan desa. Tapi sang bidang sedang tidak berada di tempat. Dia kemudian membawa anaknya ke pondok bersalin desa, namun tempat itu sudah tutup. Emiti akhirnya merawat sendiri sang anak hingga akhirnya kematian menjemput sang buah hati.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Sri Gunadi menyesalkan kejadian ini. Namun belum memastikan ada sanksi tegas karena harus mengetahui duduk persoalannya.