Sukses

Tanggul Jatipadang Jebol Lagi, Puluhan Rumah Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur pada Senin (11/12/2017) siang menyebabkan banjir di sejumlah ruas jalan Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang mengguyur pada Senin (11/12/2017) siang menyebabkan banjir di sejumlah ruas jalan Ibu Kota. Bahkan, tanggul di Jatipadang, Jakarta Selatan, jebol dan airnya merendam puluhan rumah warga.

"Puluhan rumah terendam banjir di Jatipadang RT 003 RW 06, Jakarta Selatan, akibat tanggul darurat Kali Pulo jebol pascahujan deras pada 11/12/2017 pukul 14.30 WIB," tulis Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Humas Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di akun Twitternya.

Menurut dia, petugas tengah lakukan penanganan darurat untuk mengurangi dampak jebolnya tanggul sementara tersebut. Ia pun meminta pemerintah DKI Jakarta untuk segera melakukan normalisasi kali. 

"Penataan dan normalisasi Kali Pulo perlu dilakukan untuk mencegah banjir yang berulang. Kondisi sungai sudah demikian sempit dan dangkal sehingga tidak mampu mengalirkan debit sungai," ungkap Sutopo. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.