Sukses

618 Ribu Anak Tangerang Akan Imunisasi Difteri Mulai Hari Ini

Dari pengamatan lebih lanjut, semua penderita diketahui belum pernah mendapatkan imunisasi difteri sebelumnya.

Liputan6.com, Tangerang - Sejak Mei 2017 hingga kini, serangan difteri setidaknya sudah menjangkiti tujuh warga Kota Tangerang, Banten. Saat ini, tiga di antaranya masih dirawat di Ruang Isolasi Rumah Sakit Umum Tangerang.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Senin (11/12/2017), dari pengamatan lebih lanjut, semua penderita diketahui belum pernah mendapatkan imunisasi difteri sebelumnya.

Mengantisipasi cepatnya proses penularan virus difteri, Kementerian Kesehatan memutuskan untuk menggelar imunisasi difteri dengan prioritas wilayah kejadian luar biasa seperti Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Untuk Kota Tangerang, sebanyak 618 ribu anak usia 1 hingga 18 tahun akan mendapat imunisasi difteri mulai hari ini. Imunisasi akan dilakukan di posyandu maupun sekolah. Selain itu, juga akan dibuka posko imunisasi di 33 puskesmas dan sejumlah rumah sakit.

Pemberian imunisasi berupa DPT dan HIB diberikan kepada anak usia 1 hingga 5 tahun, vaksin DT untuk anak usia 5 hingga 7 tahun, sedangkan untuk dewasa diberikan obat antibiotik berupa elitromecyn. Imunisasi akan dilakukan tiga kali dalam kurun waktu delapan bulan ke depan.