Sukses

Warga Diminta Waspadai Lahar Dingin Bromo

Erupsi sampai sekarang masih terus terjadi dari Gunung Bromo. Abu yang keluar dari kawah mengarah ke wilayah Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo.

Liputan6.com, Surabaya: Warga yang tinggal di bantaran sungai di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, diminta mewaspadai lahar dingin Gunung Bromo. Apalagi masih ada aktivitas aktivitas vulkanik dan curah hujan yang lumayan tinggi. "Kalau hujan turun dengan lebat, material vulkanik itu bisa berubah menjadi lahar dingin," kata Kepala Bagian Tata Usaha Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Iman K Sinulingga di Surabaya, Jumat (4/2).

Menurut Iman, sampai saat ini status Gunung Bromo masih Siaga (level III). "Mengingat potensi hujan masih akan terjadi dan adanya endapan material abu serta pasir vulkanik yang dapat menimbulkan terjadinya lahar, diharapkan masyarakat tetap waspada," katanya.

Iman menambahkan, erupsi sampai sekarang masih terus terjadi. Abu yang keluar dari kawah mengarah ke wilayah Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo. Dampak abu mengakibatkan gangguan terhadap aktivitas kehidupan warga sekitar Bromo. Anak-anak yang terkena dampak abu vulkanik dan rentan terhadap penyakit disarankan segera diungsikan ke luar wilayah sampai kondisi normal.

PVMBG juga akan melakukan kajian terhadap penyebaran abu vulkanik terkait keselamatan penerbangan, baik pesawat yang hendak tinggal landas maupun yang hendak mendarat di Bandara Juanda, Surabaya. Iman menambahkan bahwa hasil pengamatan visual, erupsi masih terus menerus dan asap kawah berwarna kelabu tebal kecokelatan dengan tekanan sedang hingga kuat.

Ketinggian asap diperkirakan berkisar antara 400 hingga 800 meter yang condong ke timur dan timur laut dengan membawa material abu vulkanik. Lontaran material pijar teramati dengan ketinggian 200 meter dari bibir kawah dan telontar sejauh 300 meter.(Ant/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.