Sukses

Jokowi Tanam Pohon di Gunung Kidul, Warga Harap Ekonomi Meningkat

Sodik mengaku bangga daerahnya dikunjungi Jokowi.

Liputan6.com, Yogyakata - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2017 di Desa Karangasem, Ponjong.

Ribuan warga Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, turut memadati lokasi tersebut. Salah satu warga Kecamatan Ponjong, Sodik, mengatakan, dengan kedatangan Presiden Jokowi ke Gunung Kidul dan penanaman pohon dapat meningkatkan ekonomi masyarakat ke depannya.

"Kami berharap dengan penanaman pohon di Gunung Kidul, ke depan membawa perubahan ekonomi warga dan lingkungan hidup menjadi sehat," harapnya seperti dikutip dari Antara, Sabtu (9/12/2017).

Sebagai warga Gunung Kidul, Sodik mengaku bangga daerahnya dikunjungi Jokowi. Ia berharap atas kunjungan presiden mampu menjadi semangat baru bagi warga untuk menanam pohon.

"Seumur hidup, saya baru sekali melihat presiden ke Gunung Kidul," katanya.

Kemudian, warga Ponjong lainnya, Kaldiyem mengaku senang Jokowi ke Gunung Kidul. Dirinya berharap bisa berjabat tangan dengan presiden, namun tidak bisa masuk ke lokasi penanaman pohon.

"Saya mau salaman Pak Jokowi," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerakan Menanam Pohon

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan dari tahun ke tahun gerakan masyarakat menanam pohon terus meningkat.

"Kami bersyukur dukungan dan partisipasi masyarakat begitu tinggi. Termasuk kegiatan ini muncul dari usulan masyarakat," kata Siti Nurbaya.

Hal itu disampaikan Siti Nurbaya pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2017 yang dilaksanakan di Desa Karangasem, Ponjong, Gunung Kidul Provinsi DI Yogyakarta.

Siti mengatakan, gerakan menanam pohon juga bermunculan dari masyarakat bahkan muncul komunitas-komunitas seperti komunitas anak menanam pohon serta dari berbagai perguruan tinggi.

Lebih lanjut Siti mengatakan, pemerintah terutama KLKH juga terus bekerja sama dan mendorong berbagai pihak untuk ikut dalam gerakan menanam tersebut.

"Kita dorong kerja sama dengan Kemendikbud dan Kemenag serta dekan-dekan fakultas kehutanan di seluruh Indonesia," tambah dia.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.