Sukses

Jenderal Gatot: Saya Tidak Akan Pensiun Dini

Jokowi resmi melantik Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo.

Liputan6.com, Jakarta - Tak lagi menjabat sebagai orang nomor satu di Mabes TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo memastikan tidak akan pensiun dini.

"Tidak, tidak akan pensiun dini saya," tegas Gatot di Istana Negara Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Meski tak lagi menjabat sebagai Panglima TNI, Gatot Nurmantyo mengaku dirinya adalah perwira tinggi (pati) Mabes TNI. Sambil bergurau, Gatot mengatakan, bahwa Hadi Tjahjanto adalah atasannya.

"Pak Hadi sekarang adalah atasan saya. Karena sejak disampaikan dalam keputusan presiden, sejak ditandatangani surat ini, maka secara resmi de facto dan de jure adalah Pak Hadi," ucap Gatot Nurmantyo.

Sebelumnya, Jenderal Gatot Nurmantyo hadir didampingi sang istri. Tanpa pengawalan yang ketat, Gatot tiba di Istana Negara pukul 16.17 WIB menghadiri pelantikan Hadi Tjahjanto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilantik di Istana

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun.

Pelantikan mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu digelar di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2017).

Pantauan Liputan6.com, upacara pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan pengangkatan Hadi Tjahjanto dan pemberhentian dengan hormat Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Menimbang dan seterusnya, memutuskan dan seterusnya, memberhetikan secara hormat Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai panglima TNI, disertakan ucapa terima kasih atas pengabidan dan jasa-jasanya selama memangku jabatan tersebut. Kedua, mengangkat Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI," kata Sekretaris Militer Presiden.

Setelah surat keputusan Presiden dibacakan, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah oleh Jokowi yang diikuti oleh Hadi Tjahjanto.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.