Sukses

Temui RT-RW Se-Jaktim, Anies Pakai Selendang Berbendera Palestina

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu warga Jakarta Timur di GOR Ciracas, Jumat (8/12/2017) pagi. Berbeda dengan pejabat lain yang menggunakan baju sadariah dan selendang motif Betawi, Anies mengalungi selendang dengan tambahan motif bendera Indonesia dan bendera Palestina.

Ia menumpuk selendang bendera tersebut di atas selendang Betawi. Langkah Anies tak lepas dari isu internasional yang sedang hangat.

Amerika Serikat menyatakan memindah Kedutaan Besarnya ke Yerusalem. Hal itu sebagai bentuk pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Anies sebelumnya juga menyampaikan sikapnya terkait kondisi Palestina saat ini di Instagramnya @aniesbaswedan.

Pada foto tersebut, Anies sedang membaca surat kabar yang tulisan headline-nya "Kami Bersama Palestina" dan sudah mengenakan seledang bermotof Palestina.

"Dunia terperangah. Shocked! Langkah Presiden Trump yang menyatakan pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel telah merusak tatanan dan melanggar semua kesepakatan yang pernah ada.

Kita mendukung pernyataan tegas Presiden @Jokowi dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam mengecam keras langkah Presiden Trump, menunjukkan bahayanya langkah tersebut bagi stabilitas keamanan Timur Tengah dan dunia.

Masalah Palestina adalah masalah kemanusiaan. Telah ditegaskan pula sikap bangsa Indonesia terhadap kemerdekaan. Bahkan dalam ASIAN GAMES 1962, Presiden Soekarno menolak keikutsertaan Israel. Kita wajib menjaga ketegasan ini!

Kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Perjuangan untuk merdeka sesungguhnya memang jalan yang panjang dan mendaki. Setiap kejadian seperti ini adalah pompa bagi perjuangan.

Doa dan dukungan kita bagi perjuangan dan bagi kemerdekaan rakyat Palestina. Doa bagi ibu-ibu di Palestina untuk terus melahirkan pejuang, doa bagi keluarga-keluarga di Palestina utk terus membesarkan pejuang, dan doa untuk dunia agar tetap berdiri tegak di sisi keadilan: Kemerdekaan Palestina! *ABW"

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

1 dari 2 halaman

Pesan Raja Dangdut untuk Anies

Sebelumnya, Ketua Partai Idaman Rhoma Irama menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta. Raja dangdut ini enggan bicara banyak terkait kehadirannya tersebut.

Berbaju koko putih, Rhoma Irama mengaku sempat memberi pesan singkat kepada Anies-Sandi. Rhoma menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW.

"Shiddiq, tabligh, amanah, dan fathonah. Begitu," tutup Rhoma.

Ini bukan pertama kalinya Rhoma Irama terlihat di Balai Kota. Sebulan lalu, dia terlihat memimpin salat Jumat di Masjid Fatahillah. Saat itu dirinya mengkonfirmasi kedatangannya merupakan undangan dari Anies.

"Kami saling menasehati, saling mendoakan, bukan menggurui," ujar Rhoma Irama, Kamis (7 Desember 2017).