Sukses

Pengamat: Maju Jadi Capres, Anies Berhadapan dengan SBY

Liputan6.com, Jakarta - Nama Gubernur DKI Anies Baswedan masuk dalam bursa calon presiden 2019. Dari sejumlah hasil survei, dia disebut-disebut menjadi tokoh potensial.

Terkait hal itu, pengamat politik dari Center for Strategic and International Studies (CSIS), J Kristiadi, memberikan gambaran jika Anies maju. Menurutnya, bisa saja Anies digandeng Gerindra karena sampai saat ini belum ada parpol yang melirik. 

"Jadi orang bisa berspekulasi, ya. Misalnya sama dengan Gerindra, dianggap Prabowo terlalu senior," ucap Kristiadi dalam sebuah diskusi di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2017).

Namun, jika itu terjadi, kata dia, Gerindra akan dijegal oleh Demokrat dan ketua umumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Tapi musuh utama Gerindra siapa? Demokrat. SBY mau anaknya (Agus Harimurti Yudhoyono) jadi. SBY enggak ingin Anies besar. Selama Pak Anies ke Pak Prabowo, SBY akan habis-habisan. Jangan sampai Anies besar," jelas Kristiadi.

 

1 dari 2 halaman

Putra SBY

Dia menuturkan, SBY akan menempatkan putranya sebagai pesaing Jokowi, atau bergabung ke gerbong Jokowi untuk mendapatkan jabatan menteri jika menang.

"Kalau perlu AHY yang hadapan dengan Jokowi atau join dengan Jokowi. Misalnya, sebagai menteri," pungkas Kristiadi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Tjahjo Kumolo Tetap Ingin JK Jadi Jurkam Jokowi di Pilpres 2019
Artikel Selanjutnya
Tak Mau Bahas Capres, PDIP Ingin Jokowi Selesaikan Janji Kampanye