Sukses

Berangkatkan Umrah 147 Marbut Masjid, Ini Pesan Anies Baswedan

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas keberangkatan umrah ratusan marbut masjid (penjaga masjid) se-DKI Jakarta di Balaikota, Jakarta (7/12/2017).

Total ada 147 marbut se-DKI Jakarta yang akan berangkat pada Sabtu, 9 Desember 2017. Para marbut ini diberangkatkan umrah dengan menggunakan pembiayaan dari hibah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam sambutannya Anies menyampaikan beberapa pesan kepada para marbut yang akan berangkat.

"Pertama, perhatikan makan, jangan digampangin. Kita terbiasa di tempat panas. Energi yang tersedot di tempat dingin itu besar sekali," pesan Anies.

Anies mengungkapkan, suhu udara di Tanah Suci mencapai 25 derajat. Dan pada malam bisa mencapai 18 derajat. Anies menceritakan pengalamannya saat tinggal di daerah dingin, dimana energinya justgru habis karena menahan dinginnya cuaca.

Untuk mengantisipasi cuaca dingin, Anies berharap agar marbut makan teratur dan memilih makanan yang mengandung protein tinggi.

"Sayuran penting buah juga," tambah Anies.

 

1 dari 2 halaman

Banyak Minum Air Putih

Anies juga meminta para marbut banyak minum air putih selama beraktifitas di sana. Mantan Rektor Universitas Paramadina itu juga mengingatkan agar para Marbut istirahat cukup selama di Tanah Suci.

Mereka juga diingatkan untuk membawa obat-obatan pribadi dan multivitamin dari tanah air. Semua pesannya itu disampaikan agar semua marbot dapat konsentrasi menjalankan ibadah.

"Kami ingin bapak-bapak berangkat semua ke sana pulang dengan sehat dan dapat menjalankan ibadah dengan tenang," Anies Baswedan menandaskan. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: